Kapolda Sulteng Berlakukan Lelang Jabatan

id kapolda, idham, azis

Kapolda Sulteng Berlakukan Lelang Jabatan

Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Drs Idham Azis (Kapolda, idham)

Saya sendiri meminta polisi yang terbaik untuk ditempatkan di jabatan tertentu sesuai hasil `fit and proper test
Palu,  (antarasulteng.com) - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Brigjen Pol Idham Azis memberlakukan lelang jabatan di tingkat kepolisian resor dan kepolisian sektor untuk mencari pemimpin yang bersih dan berkualitas.

Idham Azis kepada wartawan menjelang peringatan HUT ke-69 Polri di Palu, Selasa, mengatakan lelang jabatan itu berlaku di jabatan Kepala Bagian Operasi, Kepala Satuan Lalu Lintas, Kepala Satuan Reserse Kriminal di Polres atau Kepala Kepolisian Sektor.

Dia mengatakan perwira polisi yang memenuhi syarat bisa mengajukan diri kemudian akan dilakukan serangkaian ujian kelayakan dan kepatutan untuk mengetahui personel yang bersangkutan.

"Jadi tidak ada polisi yang `ngadep-ngadep` ke saya untuk minta jabatan. Rumah dinas saya tertutup untuk itu, kalau ada urusan selesaikan di kantor," kata Idham Azis.

Dia mengatakan selama ini ada sejumlah jabatan di lingkungan kepolisian resor yang terisi oleh perwira hasil dari lelang jabatan itu.

"Saya sendiri meminta polisi yang terbaik untuk ditempatkan di jabatan tertentu sesuai hasil `fit and proper test`," katanya.

Dia mengatakan tim seleksi pada lelang jabatan itu sendiri berasal dari internal Polda Sulawesi Tengah seperti Pengamanan Internal serta Bidang Profesi dan Pengamanan, belum melibatkan pihak luar.

Dalam lelang jabatan itu akan ketahuan pendaftar yang pernah terlibat suatu kasus pelanggaran atau tidak. "Kalau ada yang pernah melanggar pasti akan dicoret. Untuk apa memilih pemimpin yang pernah melanggar, yang bersih saja banyak," ujarnya.

Dia berharap pejabat polisi hasil lelang itu bisa bekerja sesuai fungsinya untuk melayani masyarakat dan negara. (skd)