Sulteng Gelar Lomba Lari 10km

id lampasio

Sulteng Gelar Lomba Lari 10km

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Tengah Yunan Lampasio (Dok ANTARA Sulteng)

Kami berharap dengan kegiatan itu, atlet dari luar Sulteng bisa melihat langsung Tugu Khatulistiwa yang mungkin selama ini mereka belum mengetahuinya
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemprov Sulawesi Tengah bekerja sama Pengda PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) Sulawesi Tengah akan menggelar lomba lari 5km dan 10km diikuti atlet dari sejumlah daerah di kawasan timur Indonesia.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulteng Yunan Lampasio di Palu, Jumat, mengemukakan lomba ini merupakan salah satu kegiatan meramaikan Sail Tomini yang rencananya dilaksanakan di Kabupaten Parigi Moutong pada September 2015.

Ia mengatakan lomba lari tersebut akan dipusatkan di Tugu Khatulistiwa Desa Khatulistiwa, Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong.

Menurut dia, Sail Tomini perlu didukung semua pihak karena dipastikan memberikan banyak manfaatkan bagi pemerintah dan masyarakat, khususnya di daerah ini.

Karena itu, Dispora dan Pengda PASI menjadwalkan kegiatan olahraga atletik selain untuk mengukur prestasi atlet di Sulteng, sekaligus mempromosikan Tugu Khatulistiwa yang merupakan salah satu aset wisata daerah.

"Kami berharap dengan kegiatan itu, atlet dari luar Sulteng bisa melihat langsung Tugu Khatulistiwa yang mungkin selama ini mereka belum mengetahuinya," katanya.

Atletik merupakan salah satu dari sejumlah cabang olahraga andalan Sulteng yang diharapkan menyumbang medali di Pekan Olahraga Nasional (PON XIX) di Jabar 2016.

Pemprov Sulteng, lanjut Yunan, telah mengirim surat kepada semua provinsi yang ada di Kawasan Timur Indonesia (KTI) menyangkut kesiapan mereka untuk ikut mengirim atlet terbaik pada lomba lari 5km dan 10 km khatulistiwa.

"Hanya saja sampai hari ini belum ada satupun yang telah memberikan jawaban," ujar Yunan. (skd)