Lomba Lari 10-K Sail Tomini

id LARI

Lomba Lari 10-K Sail Tomini

Logo Sail Tomini 2015 (Antarasulteng.com/KKP)

...peserta diperkirakan datang dari berbagai provinsi di kawasan timur Indonesia, terutama Sulawesi, Maluku dan Papua."
Palu (antarasulteng.com) - Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Tengah dan Kabupaten Parigi Moutong bekerja sama dengan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) setempat akan menggelar lomba lari 10 dan 5 Kilometer untuk memeriahkan Sail Tomini 2015.

"Lomba tersebut insya Allah digelar pada 30 Agustus 2015 di Kecamatan Tomini, Kabupaten Parigi Moutong," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kaabupaten Parigi Moutong, Mawardin Nurdin di Palu, Senin.

Lomba 10 K dan 5 K itu akan mengambil garis finih di tugu Khatulistiwa di Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong, yang merupakan salah satu obyek wisata andalan di kabupaten tersebut.

Peserta lomba lari 10 K akan mengambil garis star dari sebelah utara sedangkan peserta 5 K dari arah selatan yang kemudian akan bertemu di garis finish, tepat di komplex tugu Khatulistiwa tersebut.

Di lokasi finish ini, penyelenggara akan menggelar berbagai kegiatan kepemudaan, olahraga, rekreasi serta hiburan dan menikmati pesona tugu Khatulistiwa.

Menurut Mawardin, di lokasi tugu Khatulistiwa ini, pengunjung bisa merasakan fenomena alam yang unik, di mana saat equinox yang jatuh setiap tanggal 21 Maret dan 23 September, jarum yang diletakkan dalam botol di titik nol akan melayang.

"Kapan saja anda berkunjung, anda dapat mencoba meletakkan telur ayam di titik nol dan melihatnya berdiri tegak tanpa tergulir," ujar Mawardin.

Ia menambahkan, peserta loma 10 K dan 5 K akan dibagi dalam tiga kategori yakni pelari nasional, daerah dan lokal, laki-laki dan perempuan. Setiap kategori akan dipilih 10 pemenang yang akan mendapatkan hadiah, katanya namun belum merinci hadiah yang akan diberikan.

Mengenai peserta, kata Mawardin, diharapkan mencapai ratusan orang, yang diperkirakan datang dari berbagai provinsi di kawasan timur Indonesia, terutama Sulawesi, Maluku dan Papua.

Sulawesi Tengah ditetapkan menjadi tuan rumah Sail Tomini 2015 yang puncak acaranya akan digelar di Pantai Kayubura, Desa Pelawa Baru, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, pada 19 September yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana dan para pejabat tinggi negara dari sipil dan militer serta duta besar dan perwakilan negara-negara sahabat.

Selama perhelatan akbar bahari skala internasional ini berlangsung dengan sedIkitnya 24 item kegiatan, Kabupaten Parigi Moutong diharapkan dikunjungi sedikitnya 10.000 wisatawan domestik dan mancanegara. (R007/M019)