Arus Balik Melalui Darat Di Palu Padat

id terminal

Arus Balik Melalui Darat Di Palu Padat

Aktivitas penumpang di terminal mamboro (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Arus balik Lebaran melalui jalur darat di dua terminal di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu, masih tampak padat, namun lancar.

Di Terminal Tipo yang melayani jalur angkutan kota antarprovinsi (AKAP) dari Palu menuju Sulawesi Barat dan Makassar, Sulawesi Selatan, cukup ramai.

Bus-bus AKAP yang tiba maupun diberangkatkan ke sejumlah kota di dalam maupun luar wilayah Sulteng masih padat penumpang.

Begitu pula arus balik lebaran di Terminal Induk Mamboro Palu. Bus-bus AKAP dan angkutan kota dalam provinsi (AKDP) yang tiba dari luar dan dalam provinsi Sulteng di terminal itu juga cukup padat.

Seperti telah diprediksikan bahwa kemungkinan besar para pemudik Lebaran sudah kembali ke Palu dengan menggunakan AKAP/AKDP pada Minggu (26/7) karena besok hari kerja.

Kebanyakan yang tiba di terminal Tipo dan Mamboro adalah pelajar dan mahasiswa. Selebihnya pewagai negeri dan swasta serta para pedagang yang baru saja mudik ke kampung halaman mereka.

Kepala Terminal Tipo Amirduin dan Kepala Terminal Induk Mamboro, Irfan Yahya membenarkan arus balik Leberan menggunakan jasa transportasi darat hari ini cukup padat.

Hari ini merupakan terakhir dari arus balik Lebaran melalui jalur darat.

Keduanya menambahkan arus mudik dan balik lebaran melalui darat berjalan aman dan lancar. Tidak ada kecelakaan yang menimpa bus-bus AKAP dan AKDP.

Pengamanan dan pengawasan arus mudik dan balik Lebaran kali ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya," kata kedua kepala terminal di Palu itu.

Begitu pula tidak ada satupun perusahaan otobis (PO) yang sengaja menaikan tarif angkutan sepihak guna memetik keuntungn besar memanfaatkan arus mudik dan balik Lebaran. (skd)