Petahana Gubernur Pendaftar Pertama Di KPU Sulteng

id longki, pilkada

Petahana Gubernur Pendaftar Pertama Di KPU Sulteng

Petahana gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola-Sudarto (facebook)

Palu,  (antarasulteng.com) - Petahana gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola-Sudarto pendaftar pertama di KPU provinsi menjadi bakal calon gubernur setempat pada pemilihan kepala daerah serentak di provinsi itu.

Longki dan Sudarto tiba di Gedung KPU Jalan S Parman Pukul 12.48 WITA selang dua jam setelah deklarasi keduanya di Gedung Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan di Jalan Sutomo.

Dari Sutomo menuju Gedung KPU menggunakan dokar, transportasi tradisional di Kota Palu yang belakangan ini semakin berkurang.

Keduanya juga didamping istri masing-masing yakni Zalzulmida Aladin Djanggola dan Nurmasyita Mang. Keduanya naik dokar dihiasi dengan simbol-sombol adat umumnya berwana kuning.

Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur tersebut disambut Ketua KPU Sulawesi Tengah Sahran Raden dan jajaran anggota komisioner lainnya didampingi peragawan/pragawati pakaian adat Kaili.

Di ruang pendaftaran Longki-Sudarto didampingi ketua-ketua dan sekretaris partai politik pengusung, tim sukses dan sejumlah tokoh politik lainnya seperti mantan Ketua Hanura Sulawesi Tengah Karim Hanggi, Mantan Ketua PPP Sulawesi Tengah Haelani Umar.

Sebelum menyerahkan dokumen persyaratan calon, Longki dipersilahkan memberikan sambutan dan mengatakan akan tunduk dan patuh terhadap seluruh ketentuan yang berlaku.

Dokumen persyaratan calon gubernur dan wakil gubernur diterima Ketua KPU Sahran Raden selanjutnya diserahkan ke Pokja untuk diteliti kebasahan dokumen tersebut.

Pokja bersama komisioner dan Badan Pengawas Pemilu Sulawesi Tengah memeriksa seluruh dokumen tersebut dinyatakan sah untuk menjadi persyaratan calon kepala daerah.

"Semua akan kita buatkan dalam berita acara, setelah itu nanti dibuatkan pengantar untuk pemeriksaan kesehatan ke Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulawesi Tengah," katanya.

Suasana pendaftaran di dalam ruangan berlangsung hening karena rombongan yang masuk ke dalam ruangan hanya dibatasi 30 orang.(skd)