KPU Morowali Utara Kembalikan Berkas Sutrisno-Christina

id KPU, Palu

KPU Morowali Utara Kembalikan Berkas Sutrisno-Christina

KPU (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A) (a)

....hanya membawa berkas milik Sutrisno Sembiring, sedangkan berkas pasangannya dr. Christina tidak ada sama sekali."
Kolonodale, Sulteng, (antarasulteng.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Morowali Utara, Sulawesi Tengah, mengembalikan berkas pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati setempat, pasangan Sutrisno Sembiring/Christina, untuk dilengkapi kembali.

"Kami beri mereka batas waktu penyerahan dokumen lengkap sampai besok, Selasa (28/7), pukul 16.00 Wita," kata Ketua KPU Morowali Utara Tanwir Lamaming yang dihubungi di Kolonodale usai menerima pendaftaran dua bakal calon kepala daerah Morowali Utara, Senin petang.

Sutrisno/Christina, pasangan yang akan menempuh jalur independen itu, datang ke KPU hanya membawa berkas milik bakal calon bupati Sutrisno Sembiring, sedangkan berkas pasangannya, dr. Christina, tidak ada sama sekali.

"Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kami tidak bisa menerima berkas pendaftaran mereka karena dokumen menyangkut dr. Christina belum disiapkan. Maka kami kembalikan dan meminta mereka melengkapi berkas itu dan menyerahkan kembali pada Selasa (28/7) paling lambat pukul 16.00 Wita," ujar Lamaming.

Pada hari kedua masa pendaftaran bakal calon kepala daerah itu, KPU Morowali Utara menerima pendaftaran dua pasangan bakal calon, yakni Atripel Tumimomor/Moh. Asrar yang didukung PKS, PBB, dan PKPI serta Idham Ibrahim/Heymans Larope yang didukung PDIP, PAN, dan Nasdem.

"Berkas kedua pasangan ini telah memenuhi persyaratan pokok. Jadi pendaftaran mereka telah resmi diterima. Kalau ada hal-hal yang kurang, seperti belum adanya rekening khusus dana kampanye, itu bisa dilengkapi pada tahap berikutnya," ujarnya.

Menurut Tanwir Lamaming, dari komunikasi dengan parpol-parpol setempat, pihaknya masih menantikan pendaftaran dua pasangan bakal calon, yakni Mahmud Ibrahim/Sanda Sarungalo yang diusung Partai Geridra dan PKB, serta Mardiman Sane/Anhar yang akan menempuh jalur perseorangan.

"Kalau dua pasangan calon independen bisa melengkapi berkas mereka, maka Pilkada Morowali Utara nanti akan diikuti lima pasangan calon. Kitra tunggu saja kepastiannya besok petang," ujarnya.

Pihaknya sebenarnya sudah memberikan alokasi waktu kepada pasangan Mardiman Sane/Anhar untuk mendaftarkan diri pada Senin pukul 10.00 Wita, namun pada pukul 12.00 Wita mereka muncul untuk melaporkan bahwa mereka baru akan mendaftarkan diri pada Selasa (28/7).

Tanwir mengingatkan pasangan bakal calon kepala daerah yang belum mendaftarkan diri, bahwa masa pendaftaran yang dibuka sejak Minggu (25/7) akan ditutup pada Selasa (28/7) pukul 16.00 Wita. (R007/M029)