Philadelphia Melarang Drone Di Angkasa Saat Paus Fransiskus Berkunjung

id paus

Philadelphia Melarang Drone Di Angkasa Saat Paus Fransiskus Berkunjung

Pemimpin umat katolik sedunia, Paus Fransiskus (Reuters)

Philadelphia (antarasulteng.com) - Pihak berwenang di Amerika Serikat akan melarang pesawat tak berawak (drone) melayang di angkasa ketika Paus Fransiskus berkunjung ke Philadelphia bulan depan sebagai salah satu langkah keamanan untuk kegiatan dua hari itu, kata pejabat, Kamis.

Administrasi Penerbangan Federal mengeluarkan pembatasan operasi bagi pesawat, termasuk pesawat model, balon udara di atas Philadelphia pada 26-27 September, ketika Paus Fransiskus keliling kota dalam lawatan pertama ke Amerika Serikat.

"Pengetatan dilakukan untuk menyediakan lingkungan yang aman dan terjamin pada peristiwa itu selain juga untuk membuat ruang angkasa yang bersih dan pantas,"katanya.

Badan penerbangan itu mengatakan bahwa Kementerian Keamanan Dalam Negeri AS juga meminta pelarangan tersebut.

Tidak disebutkan mengenai potensi risiko keamanan atas drone dan pesawat lain yang mungkin terjadi saat lawatan Paus.

Terdapat banyak drone di angkasa AS, jumlahnya melonjak tajam sejak tahun lalu, sehingga menimbulkan kecemasan akan terjadi tabrakan dengan pesawat penumpang atau juga dimanfaatkan sebagai senjata untuk menyerang sasaran tertentu.

Pesawat-pesawat tak berawak beterbangan membahayakan karena sangat dekat dengan penerbangan, kadang membawa narkoba dari Meksiko ke AS dan menimbulkan kekhawatiran di Gedung Putih.

Selain pembatasan pesawat, pejabat kota juga mengeluarkan rincian keamanan darat untuk kunjungan Paus, Kamis, termasuk penutupan transportasi dan menutup satu blok seluas 10 km persegi di pusat Philadelphia dan mengatur keamanan untuk melindungi presiden dan para pimpinan yang juga hadir ke acara tersebut.