Para Cagub Sepakat Kedepankan Gagasan Dan Persaudaraan

id rusdy, cudi

Para Cagub Sepakat Kedepankan Gagasan Dan Persaudaraan

Rusdy Mastura (adha nadjemuddin)

Kami kakak beradik. Kami sudah berjanji akan membangun Sulawesi Tengah dengan gagasan, siapa yang terbaik gagasannya silahkan dipilih
Palu, 25/8 (Antara) - Dua pasang calon gubernur dan wagub Sulawesi Tengah yang akan bertarung pada Pemilihan Gubernur 9 Desember 2015 sepakat akan bertarung dalam gagasan membangun Sulawesi Tengah yang lebih baik ke depan.

Calon gubernur Rusdy Mastura mengatakan, di Palu, Selasa petang, saingan politiknya pasangan Longki Djanggola/Sudarto adalah adiknya sendiri sehingga tidak mungkin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang menyebabkan rusaknya persaudaraan di antara mereka dan masyarakat.

"Kami kakak beradik. Kami sudah berjanji akan membangun Sulawesi Tengah dengan gagasan, siapa yang terbaik gagasannya silahkan dipilih," kata Rusdy Mastura.

Mantan Wali Kota Palu itu merupakan kawan akrab dan setia dari petahana Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola. Keduanya merupakan kawan dalam organisasi Pemuda Pancasila.

Namun Longki berkarir sebagai pegawai negeri sipil sementara Rusdy Mastura berkarir sebagai kontraktor lalu menjadi politisi.

Rusdy Mastura mengatakan dirinya bersama pasangan Longki/Sudarto telah memperlihatkan pelaksanaan asas demokrasi yang baik sehingga perlu dijaga oleh seluruh pendukung kedua pasangan calon tersebut.

"Mari kita jaga demokrasi, persatuan dan kesatuan," katanya.

Sementara itu calon gubernur Longki Djanggola mengatakan dirinya menghormati Rusdy Mastura sebagai kakak sehingga semua pendukung harus saling menghormati satu sama lainnya.

Longki mengatakan dirinya akan senantiasa taat kepada hukum seluruh proses pelaksanaan pemilihan kepala daerah. 

"Kami menjunjung tinggi dan menghormati seluruh proses dan ketentuan yang berlaku. Mari kita berpartisipasi dalam demokrasi, semua kami serahkan ke masyarakat karena masyarakat sekarang sudah cerdas," kata Longki.

Keakraban kedua pasangan calon tersebut juga tampak pada proses pencabutan nomor urut calon gubernur di KPU Selasa siang.

Keduanya terlibat dalam percakapan santai bahkan berangkulan antara satu dengaan lainnya.

Pada pencabutan nomor urut Rusdy Matura/Ihwan Datu Adam mendapat nomor urut 1 dan Longki/Sudarto mendapat nomor urut 2.