Pedagang Ayam Di Palu Naikan Harga

id ayam

Pedagang Ayam Di Palu Naikan Harga

Ilustrasi (ANTARA)

Palu,  (antarasulteng.com) - Sejumlah pedagang ayam potong di Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengaku menaikan harga penjualan mereka karena harga di tingkat peternak naik.

"Kami terpaksa ikut menyesuaikan harga," kata Ny Sri, seorang pedagang ayam di Pasar Masomba Palu, Rabu.

Ia mengatakan kenaikan harga ayam di tingkat peternak ini sudah berlangsung dua pekan terakhir. Harga ayam buras yang sebelumnya dijual rata-rata Rp38 ribu/ekor (sekitar 1,8 kg), kini naik menjadi Rp42.500/ekor. Pedagang di pasar kini menjualnya Rp45 ribu/ekor.

Hal senada juga disampaikan Jafar, pedagang di kawasan pasar itu. Ia mengatakan harga ayam naik dipicu kenaikan di tingkat peternak.

"Kami pedagang hanya mengikuti perkebangan harga di tingkat peternak," katanya dan menambahkan, harga eceran di pasar selalu ditentukan harga di peternak.

Kedua pedagang itu juha menyebutkan bahwa stok ayam potong semakin berkurang, sementara permintaan masyarakat cukup tinggi.

Beberapa pedagang mengaku akan mendatangkan ayam potong dari luar daerah, seperti Sulsel.

Apalagi, kata Sri, pada September 2015 ada dua kegiatan besar yang akan berlangsung yaitu hari raya Idul Adha dan Sail Tomini.

"Kebutuhan daging dipastikan meningkat dua kali lipat dari hari biasa. `"Kalau tidak diantisipasi dari sekarang, maka sulit untuk memenuhi permintaan masyarakat, dan selanjutnya bisa memicu lonjakan harga lagi," ujarnya.

Kepala Dinas Peternakan Sulteng Faisal Mang yang dihubungi terpisah mengatakan kenaikan harga ayam di pasaran disebabkan harga di tingkat peternak naik.

Namun ia menjamin stok ayam potong cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Begitu pula dengan daging sapi, stok cukup dan harga masih normal Rp95.000/kg.

Menurut dia, stok sapi potong di Sulteng cukup memadai sehingga tidak perlu dikhawatirkan mengalami kekurangan. Sulteng sudah mampu memenuhi kebutuhan pasar lokal bahkan bisa mengirim ke Kaltim rata-rata 11.000 ekor sapi potong setiap tahun.