Cara Membedakan Mutiara Asli dan Imitasi

id mutiara

Cara Membedakan Mutiara Asli dan Imitasi

Mutiara (FOTO ANTARA/Budi Afandi)

Jakarta, - ‎(antarasulteng.com) Mutiara tiruan atau imitasi, sekarang ini banyak beredar di pasaran. Agar tidak terkecoh, Anda harus tahu nih cara membedakannya.

Suanthy, owner SF D'Pearl yang menjual beragam mutiara asli dan yang dari kulit kerang, memberikan sedikit informasi nih untuk membedakan mana yang asli dan tidak. Meski dia mengakui, kemiripannya sangat jelas, mutiara asli dan imitasi tetap bisa dibedakan.

"Kalau mutiara asli, kalau kita gigit, kayak batu gitu ada rasa keset-keset-nya. Kalau yang imitasi, biasanya permukaannya licin, mulus. Kalau yang asli juga berat," ujar Suanthy kepada GoHitzz di Jakarta.

Selain itu, permukaan mutiara asli tidaklah mulus. Biasanya, setelah digigit, permukaan mutiara asli akan kembali seperti semula jika di lap. Sedangkan yang imitasi, pasti lecet.

"Yang asli, pasti ada bolong-bolongnya. Ada juga mutiara asli yang mulus, tapi pasti berat. Paling gampang cara bedainnya, ya dengan digigit. Setelah digigit, kalau mutiara asli di lap pasti mulus lagi. Kalau yang lain, pasti lecet," ungkap dia.

Suanthy menambahkan, "‎Penggemar berat mutiara, kadang enggak tahu perbedaannya, penjual juga kadang tertipu. Yang asli itu, shiny-nya enggak terlalu. Kalau yang imitasi itu pasti terang warnanya.‎"

Kalau soal harga tidak perlu ditanya, mutiara asli harganya sudah pasti sangat mahal. Bahkan bisa 10-20 kali lipat dari yang imitasi.