Sulteng Bertekad Jadi Penyedia Bibit Ternak Berkulitas

id ternak, sapi, daging

Sulteng Bertekad Jadi Penyedia Bibit Ternak Berkulitas

Ilustrasi (antaranews)

...ke depan kita harus bisa menjadi provinsi yang menyediakan bibit-bibit ternak berkualitas dan memiliki nilai jual tinggi
Palu,  (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola bertekad menjadikan daerahnya sebagai penyedia bibit ternak potong berkualitas di Tanah Air.

"Kita memang sudah lama mengirim ternak potong keluar daerah,tetapi ke depan kita harus bisa menjadi provinsi yang menyediakan bibit-bibit ternak berkualitas dan memiliki nilai jual tinggi," katanya pada pembukaan lomba dan konteks ternak tingkat provinsi di Palu, Rabu.

Ia menyambut gembira kegiatan yang akan berlangsung 9-10 September itu karena akan memberikan motivasi dan dorongan kepada peternak sehingga mereka semakin bergairah mengembangkan dan memproduksi bibit ternak yang berkualitas.

Selain itu, kata gubernur, kegiatan ini sebagai sarana untuk promosi berbagai jenis ternak berkualitas yang ada di kabupaten dan kota se-Sulteng.

Melalui kegiatan seperti ini, katanya, juga akan memberikan apresiasi kepada para peternak yang berprestasi dalam menghasilkan ternak dan bibit ternak berkualitas.

Karena itu, ia berharap lomba dan kontes ternak seperti itu perlu terus dilakukan setiap tahun pada semua kabupaten dan kota di Sulteng.

Sulteng, kata dia, sejak dahulu sudah mengirim ternak sapi potong ke Kalimantan Timur (Kaltim). Informasi dari Dinas Peternakan Sulteng, setiap tahunnya sebanyak 11.000 ekor ternak sapi potong diantarpulaukan ke Kaltim lewat pelabuhan Balikpapan.

Untuk tetap menjadi daerah penghasil ternak potong, selain memenuhi kebutuhan daging masyarakat di Sulteng, juga dijual keluar, maka pengembangan usaha peternakan di setiap kabupaten dan kota perlu terus digencarkan.

Termasuk mengembangkan bibit-bibit ternak lokal seperti sapi Donggala dan domba Palu yang sudah mendapatkan sertifikat dan pengakuan dari Kementerian Pertanian RI.

Hadir dalam kontes ini Direktur Pembibitan Ditjen Peternakan Kementerian Pertanian Ali Rahman dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Sulteng dan Pemkot Palu.