Dinas Peternakan Sulteng Periksa Kesehatan Hewan Kurban

id ternak, kurban

Dinas Peternakan Sulteng Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Ilustrasi (antaranews)

Palu, (antarasulteng.com) - Dinas Peternakan Sulawesi Tengah menerjunkan petugas kesehatan hewan untuk memeriksa semua hewan ternak yang akan disembelih pada hari raya kurban Idul Adha 1436 Hijriah 2015.

"Seluruh petugs kesehatan hewan di tiap kabupaten dan kota di Sulteng wajib untuk melakukan pemeriksaan terhadap ternak sapi yang akan dikurbankan," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Sulteng, Greetje Kuhu di Palu, Minggu.

Ia mengatakan pemeriksaan kesehatan ternak sudah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap menjelang hari raya Lebaran dan Idul Adha.

Ternak-ternak sebelum disembelih harus diperiksa kesehatannya guna memastikan layak untuk dikonsumsi masyarakat.

"Kita akan periksa dan jika ternak itu dalam kondisi kesehatan tidak layak untuk dikurubankan, maka tidak akan disembelih," kata Greetje.

Menurut dia, pemeriksaan tersebut sangat penting mengingat dalam pengalaman tahun-tahun sebelumnya masih banyak ditemukan ternak sapi yang disembelih ternyata ada cacing pita di hatinya.

Jika dikonsumsi masyarakat, sangat membahayakan bagi kesehatan manusia. Karena itu ternak dibelum disembelih terlebih dahulu diperiksa sehingga dagingnya layak untuk dikonsumsi masyarakat.

Pemeriksaan kesehatan ternak sapi akan dilakukan petugas kesehatan hewan provinsi, kabupaten dan kota mulai 23 September 2015.

Sulteng pada priode September 2015 ini membutuhkan daging sapi sekitar 11.000 ton yang berarti meningkat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Dalam kondisi normal, Sulteng setiap bulan membutuhkan konsumsi daging sapi sebanyak 3.000 ton.

Peningkatkan konsumsi daging pada September 2015 dikarenakan ada dua kegiatan yaitu Sail Tomini dan Idul Adha.