Gubernur Ajak Seluruh Masyarakat Jadikan Pilkada Berkualitas

id longki, sulteng

Gubernur Ajak Seluruh Masyarakat Jadikan Pilkada Berkualitas

Gubernur Sulteng Drs H Longki Djanggola, MSi saat berceramah di Masjid Tolitoli pada Safari Ramadhan 2015. (antarasulteng.com/Humas Pemprov)

Hanya secara teknis pelaksanaan pemilihan kepala daerah dilakukan oleh KPU
Palu,  (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengajak seluruh bupati, camat, kepala desa dan seluruh lapisan masyarakat agar menjadikan pemilihan kepala daerah serentak di daerah tersebut menjadi pemilihan kepala daerah berkualitas.

Ajakan itu dikemukakan Longki Djanggola pada rapat kerja gubernur bersama bupati/wali kota se Sulawesi Tengah di Palu, Rabu.

Di Sulawesi Tengah sebanyak delapan kabupaten/kota serta provinsi akan mengikuti pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember 2015.

Dia mengatakan untuk mewujudkan pemilihan kepala daerah berkualitas merupakan tanggung jawab bersama.

"Hanya secara teknis pelaksanaan pemilihan kepala daerah dilakukan oleh KPU," katanya.

Longki juga berharap antar-pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota terus menjalin hubungan harmonis bersama penyelenggara pemilu guna menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak.

Menurut Longki saat ini tingkat kesadaran masyarakat di daerahnya dalam berdemokrasi semakin tinggi.

Longki mengatakan salah satu parameter kualitas pemilihan kepala daerah ditentukan oleh tingkat partisipasi pemilih dalam menentukan pilihan politiknya.

Dia mengatakan masyarakat harus menggunakan hak pilihnya dengan cara baik dan benar.

Selain itu juga ditentukan oleh kualitas penyelenggara dan calon kepala daerah yang akan bertarung pada pemilihan kepala daerah serentak.

"Kita sudah banyak belajar dari pemilihan kepala daerah sebelumnya. Sehingga pemilihan kepala daerah serentak kali ini akan lebih baik," katanya.

Sementara itu KPU Sulawesi Tengah menargetkan tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan kepala daerah serentak sebanyak 85 persen.

Ketua KPU Sulawesi Tengah Sahran Raden mengatakan partisipasi pemilih dari momentum pemilu ke pemilu semakin positif.

"Pada pemilu 2014 partisipasi pemilih kita 70 persen. Pada Pilpres naik menjadi 78 persen. Pada pemilihan kepala daerah nanti kita target minimal 85 persen," katanya.

Untuk mewujudkan hal itu, penyelenggara pemilu, calon kepala daerah dan seluruh komponen masyarakat diminta untuk terus melakukan sosialisasi pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember 2015.***2***

(T.A055)





(T.A055/B/I006/I006) 07-10-2015 14:24:44