Sulteng Siapkan Destinasi Wisata Gerhana Matahari Total

id gerhana, matahari

Sulteng Siapkan Destinasi Wisata Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari (reuters)

...sehingga masyarakat Sulteng dapat mengambil peran untuk mensukseskan acara tersebut. Hal tersebut untuk menyampaikan kepada dunia internasional mengenai Sulteng dengan segala keunikannya budaya dan pariwisatanya
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Sulawesi Tengah akan menyiapkan destinasi budaya dan pariwisata saat terjadi gerhana matahari total pada 9 Maret 2016.

Salah satu daerah yang akan disiapkan adalah Desa Ngatabaru Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi yang selama ini dipakai untuk perkemahan.

Asisten II Bidang Pemerintahan, Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Bunga Elim Somba mengatakan hal itu dalam rapat koordinasi persiapan pelaksanaan even gerhana matahari total 2016 di Palu, Selasa.

"Event ini diharapkan menjadi momentum besar dan bersejarah, sehingga masyarakat Sulteng dapat mengambil peran untuk mensukseskan acara tersebut. Hal tersebut untuk menyampaikan kepada dunia internasional mengenai Sulteng dengan segala keunikannya budaya dan pariwisatanya," terangnya

Selain itu, kata dia, kesiapan infrastruktur, akomodasi, transportasi, penentuan titik lokasi juga dibutuhkan untuk menyaksikan gerhana matahari total antara lain papan petunjuk jalan, pusat informasi tempat wisata, pengamanan turis lokal dan mancanegara.

Even yang rencananya akan dikemas melalui pertunjukan musik dan seni, workshop lokal dan internasional dengan fasilitas perkemahan yang ramah lingkungan.

Gerhana itu dapat disaksikan enam provinsi di Indonesia yakni Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara.

Kota-kota yang bisa melihat gerhana adalah Palembang, Bangka, Belitung, Palangkaraya, Balikpapan, Sampit, Luwuk, Ternate, Tidore, Palu, Poso dan Halmahera.