Sulteng Publikasikan GMT Di Bandara Internasional

id gmt

Sulteng Publikasikan GMT Di Bandara Internasional

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Tengah Hj Sitti Norma Mardjanu, SH, MH (Antarasulteng.com/istimewa)

Sudah 3.000 wisatawan mancanegara memesan kamar hotel untuk menyaksikan GMT
Palu (antarasulteng.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah akan mempublikasikan iven pariwisata gerhana matahari total (GMT) atau total solar eclipse (TSE) di beberapa banda udara berskala internasional di Indonesia, sebagai promosi kepada masyarakat global.

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah Hj Siti Norma Mardjanu mengatakan di Palu, Kamis publikasi GMT akan dilakukan di Bandara  Internasional di Medan, Surabaya, Cengkareng, Denpasar dan Makassar.

Rencana publikasi GMT di bandara internasonal tersebut telah mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata, ujarnya.

Publikasi itu, sebut dia, tidak terbatas pada GMT saja tetapi juga seluruh potensi dan kekayaan wisata di daerah ini.

"TSE harus dipublikasikan ke masyarakat internasional. Ini adalah salah satu peluang kita untuk menarik wisatawan mancanegara lebih banyak berkunjung ke daerah ini," ujar Norma.

Ia menyebutkan bahwa publikasi TSE akan dilakukan oleh Dinas Kebuayaan dan pariwisata mulai Desember 2015 agar segera diketahui oleh masyarakat Indonesia maupun internasional.

Publikasi itu akan dibarengi dengan pemberian informasi mengenai ketersediaan sarana dan prasarana, khususnya hotel sebagai tempat inap wisatawan ketika hadir di Sulteng.

Saat ini, sebut dia, kamar hotel yang telah dipesan oleh wisatawan mancanegara melalui pengusaha perjalanan wisata kurang lebih 3.000 kamar di seluruh hotel yang tersedia di Kota Palu, Luwuk, Ampana, dan Poso.

GMT yang akan dihadiri ribuan wisatawan mancanegara ini memotivasi pemerintah daerah untuk mengembangkan wisata sebagai sektor pembangunan yang akan meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mempercepat pertumbuhan eonomi daerah modal daerah.

Gerhana matahari total 9 Maret 2016 hanya akan terlihat lengkap di 12 kota di sepuluh provinsi selama sekitar tiga menit pada pukul 07.00 waktu setempat.

Kota-kota tersebut adalah Palu, Poso, Luwuk (Sulteng), Halmahera, Tidore, Ternate, Sampit, Balikpapan, Palangkayara, Balitung, Bangka dan Palembang. (KR-HJJ/R007)