Gubernur Dukung Pembangunan Lintasan Kereta Api Makassar-Manado

id sumarsono

Gubernur Dukung Pembangunan Lintasan Kereta Api Makassar-Manado

Plt Gubernur Sulawesi Utara Soni Sumarsono (antaranews)

Pemerintah daerah merespon baik upaya serius Presiden Joko Widodo mempercepat realisasi pembangunan jalur kereta api ini, kami pasti serius mendukungnya,
Manado,  (antarasulteng.com) - Penjabat Gubernur Sulawesi Utara Soni Sumarsono mendukung penuh rencana pemerintah membangun lintasan kereta api Makassar (Sulawesi Selatan) menuju Kota Manado pada tahun 2018.

"Pemerintah daerah merespon baik upaya serius Presiden Joko Widodo mempercepat realisasi pembangunan jalur kereta api ini, kami pasti serius mendukungnya," ujar Sumarsono di Manado, Kamis.

Dukungan serius semua pihak termasuk masyarakat terhadap pembangunan lintasan kereta api yang telah diakomodasi dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) akan memperkaya aksesibilitas ke dan dari Kota Manado, katanya.

Penjabat gubernur lulusan Universitas Gajah Mada ini mengatakan, penambahan alat angkut transportasi kereta api selain penerbangan, laut dan darat, akan memberikan dampak positif bagi mobilitas manusia dan barang.

"Dibangunnya lintasan kereta api ini akan memudahkan pelancong datang ke Kota Manado dan daerah lainnya di Provinsi Sulawesi Utara. Apalagi saat ini pemerintah daerah mempunyai kerangka program marijo ka Manado (marilah ke Manado) untuk menarik wisatawan," ujarnya.

Penjabat gubernur yang juga direktur jenderal Kementerian Dalam Negeri mengatakan, hambatan dalam setiap pembangunan infrastruktur jalan, biasanya pembebasan lahan menjadi hambatan.

Namun mengacu pada pembangunan jalur kereta api di berbagai tempat, masalah tanah tidak terlalu rumit.

"Semoga di Sulut tidak bermasalah karena ini demi kepentingan banyak orang. Pemerintah daerah berharap segenap warga yang dilalui pembangunan lintasan kereta api bersedia lahannya dibebaskan. Tentu harus  sesuai ketentuan yang diatur pemerintah serta musyawarah dengan warga," katanya.