Angkutan Natal Dan Tahun Baru Sulteng Lancar

id bandara

Angkutan Natal Dan Tahun Baru Sulteng Lancar

Kepala Dinas Perhubungan Sulteng, Hendro Surahmat (foto antara/Sukardi)

Palu,  (antarasulteng.com) - Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Tengah, Hendro Surahmat mengatakan angkutan Natal dan Tahun Baru di daerah itu berjalan aman dan lancar berkat adanya kerja sama dan koordinasi sinergi semua pihak terkait.

"Posko angkutan Natal dan Tahun Baru di Sulteng berakhir 8 Januari 2016," katanya di Palu, Jumat.

Dari data yang ada di posko utama maupun posko di beberapa titik seperti terminal,pelabuhan dan bandara menyebutkan adanya peningkatan arus penumpang menggunakan moda angkutan darat, laut dan udara.

Khusus angkutan darat dan laut terjadi peningkatan sekitar 5-10 persen. Peningkatan paling tinggi terjadi pada moda transportasi udara.

Ia mengatakan peningkatan arus penumpang lewat udara mencapai sekitar 20 persen.

Misalkan rata-rata setiap hari jumlah penumpang yang diberangkatkan selama seminggu menjelang Natal dan Tahun Baru mencapai 2.000 orang atau meningkat dibandingkan sebelumnya.

Hendro juga menyatakan selama H-7 dan H+7 Natal dan Tahun Baru, tidak ada laporan adanya hambatan atau kecelakaan yang terjadi baik di laut, udara dan darat.Semua moda transportasi darat, laut dan udara.

"Ini patut disyukuri," kata dia.

Dia juga menambahkan adanya koordinasi dan kerja sama yang baik antar semua pihak terkait pemerintah, swata dan juga masyarakat sehingga angkutan Natal dan Tahun Baru di Sulteng berjalan lancar dan aman.

Pantauan di terminal Mamboro dan Tipo, arus penumpang balik dalam beberapa hari ini sudah kembali normal lagi.

Bis-bis angkutan kota antarprovinsi dan angkutan kota dalam provinsi (AKAP/AKDP) yang tiba maupun diberangkatkan dari dan menuju berbagai kota di dalam maupun luar wilayah Sulteng tidak penuh penumpang.

Terlihat rata-rata bis banyak kursi yang kosong.

Begitu pula lewat udara, pesawat yang tiba maupun diberangkatkan dari Bandar Udara Mutiara Sis Aljufi dua hari ini tidak padat.

"Ya penumpang sudah kembali normal seperti hari-hari biasa," kata Kepala Bandar Udara Mutiara Palu, Benyamin Noach Apituley.