PT Pos Palu Distribusikan 220.947 KIS-PBI

id pos

PT Pos Palu Distribusikan 220.947 KIS-PBI

Ilustrasi (Foto Antara)

Palu  (antarasulteng.com) - PT Pos Indonesia Cabang Palu sampai saat ini telah mendistribusikan sebanyak 220.947 Kartu Indonesia Sehat penerima Bantuan Iuran (KIS-PBI) yang telah dikerjasamakan dengan Badan Penyelengggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Perkembagan saat ini sudah mencapai 91 persen dari 243.440 yang diberikan kepada kami untuk didistribusikan," kata Kepala pt Pos Indonesia Cabang Palu Arif Yudha Wahyudi, Kamis.

Ia menjelaskan untuk Provinsi Sulawesi Tengah terdapat dua Pos yakni cabang Palu dengan 47 kantor Pos (KP) dan cabang luwuk dengan 10 KP. Lebih lanjut kata dia, pihaknya terus fokus dalam proses distribusi karena targer yang diberikan sampai akhir bulan Februari 2016.

"Kami sudah punya pengalaman dalam mendistribusikan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) sebelumnya sampai ke daerah pelosok, dan saat ini kami dipercaya kembali mendistribusikan KIS-PBI," ungkapnya.

Arif menambahkan dari kantor pusat pihaknya sudah menerima kartu lengkap dengan nama dan alamat penerima. Sehingga pihaknya langsung mengantarkan ke rumah-rumah atau penerima dikumpulkan bersama dan dibagikan kartunya.

Terkait ketersediaan tenaga pos pengantar di daerah, pada dasarnya kata dia sudah cukup. Tetapi jika nanti dirasa kuran, pihaknya akan merekrut tenaga tambahan selama proses distribusi berlangsung.

"Jadi sekitar satu sampai dua bulan saja mereka direkrut," jelasnya.

Pihaknya berharap untuk penerima kartu dapat berinisiatif menanyakan langsung ke kantor pos bila belum mendapatkan kartu. Mungkin saja pada saat diantar ke rumah yang bersangkutan tidak berada di tempat atau sudah pindah alamat.

"Tetapi kami akan menyisir satu persatu, untuk mengantarkan kiriman tersebut," janjinya.

Sebelumnya Kepala BPJS Kesehatan cabang Palu dr Gerry Adhikusuma meresmikan posko pemantauan distribusi KIS-PBI yang distribusinya diserahkan pada pihak ketiga, yakni PT0 Pos Indonesia, JNE, dan mitra lainnya.

"Ini untuk memastikan apakah KIS-PBI sudah sampai atau belum ke peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat sesuai data," katanya.

BPJS Kesehatan Cabang Palu sendiri memiliki cakupan wilayah kerja selain Kota Palu yakni Kabupaten Sigi, Donggala, Tolitoli, Buol, dan Parigi Moutong dengan total peserta 840.280 jiwa. 

Untuk layanan tidak hanya diberikan di posko yang bertempat di kantor BPJS, tetapi dapat melalui layanan SMS dan telepon dengan nomor 081341369094 serta email kc-palu@bpjs-kesehatan.go.id.