36 Eks Gafatar Tiba Di Palu

id gafatar

36 Eks Gafatar Tiba Di Palu

Sejumlah warga eks pengikut Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang dipulangkan dari Kalimantan tiba di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (11/2). Sebanyak 182 Kepala Keluarga dari berbagai daerah di Sulteng yang mengikuti Gafatar dipulangkan dalam tiga tahap dan akan direhabili

Palu,  (antarasulteng.com) - Sebanyak 36 orang eks Gafatar asal Kabupaten Kutai Kartanegara tiba di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis, sekitar pukul 12.30 Wita dengan menggunakan pesawat Sriwijaya.

"Ini merupakan kloter pertama dari tiga kloter yang dijadwalkan dengan total 182 orang," kata Plt Kadis Sosial, Hasbiah Zaenong.

Dia merinci dari Kota Palu 90 orang, Kabupaten Tolitoli 15 orang, Tojo Una-una 16 orang, Sigi 36 orang, Poso 4 orang, Morowali 5 orang dan Banggai 16 orang.

"Kami menyiapkan tempat bagi mereka di Asrama Haji transit Palu, sampai hari Minggu dan akan diserahkan kepada pemerintah daerah masing-masing," ungkapnya.

Lebih lanjut kata Hasbiah, pihaknya menyediakan empat orang pekerja sosial untuk assesmen anak-anak. Hal itu dilakukan untuk menangani, jika nantinya ada dari mereka yang stress atau sakit

Sementara itu salah seorang pendamping dari Satuan Polisi Pamong Praja Kutai Kartanegara, Aris Prasetyo mengatakan jumlah pendamping total untuk kloter pertama sebanyak tujuh orang.

"Selama perjalanan tidak ada masalah yang didapatkan," ujarnya.

Pantauan di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, pengamanan yang dilakukan secara ketat oleh kepolisian Resort Kota Palu yang dibantu dengan Satpol PP setempat.