Donggala Sediakan Rp69 Miliar Untuk Penataan Kota

id donggala

Donggala Sediakan Rp69 Miliar Untuk Penataan Kota

DONGGALA, 6/3 - REKLAMASI PANTAI. Sejumlah kendaraan melintas di Bundaran Kabonga yang merupakan hasil reklamasi pantai di Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Minggu (6/3). Pemkab Donggala terpaksa mereklamasi pantai untuk melebarkan wilayahnya karena topografi daerah yang berbuki

Pemkab sediakan anggaran kurang lebih Rp69 miliar, untuk pembangunan berbagai infastruktur dan sarana prasarana di perkotaan, tujuannya yakni untuk penataan kota
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, menyediakan anggaran kurang lebih Rp69 miliar dari APBD tahun 2016 untuk penataan ibu kota kabupaten tersebut.

"Pemkab sediakan anggaran kurang lebih Rp69 miliar, untuk pembangunan berbagai infastruktur dan sarana prasarana di perkotaan, tujuannya yakni untuk penataan kota," ungkap Bupati Donggala Kasman Lassa di palu, Kamis.

Kasman mengemukakan anggaran tersebut diperuntukkan bagi pembangunan drainase, pembuatan kolam serta pemenuhan infastruktur dan sarana prasarana lainnya yang bertujuan untuk penataan kota.

Rencana pembangunan infastruktur dan sarana prasarana dari anggaran tersebut, kemungkinan dilakukan pada Bulan April setelah melalui proses lelang.

Pemkab berencana akan melakukan lelang untuk pembangunan infastruktur dan sarana prasarana tersebut pada bulan Maret dengan jangka waktu paling lama satu bulan.

"Pemkab Donggala berkeinginan untuk melakukan penataan kota yaitu dengan memunculkan daya tarik dan khas tersendiri dengan menggunakan anggaran tersebut, yang pembangunannya diperkirakan mulai pada Bulan April," ujarnya.

Ia menjelaskan penataan kota yang dilakukan akan menyediakan ruang publik untuk masyarakat yang memiliki nilai-nilai estetika, edukasi serta rekreasi.

Bahkan penataan tersebut mengakomodir nilai-nilai budaya khas daerah yang dimiliki Kabupaten Donggala, yang didesain seindah mungkin untuk menambah daya tarik pengunjung di kota tersebut.

"Penataan kota yang dilakukan tidak hanya untuk memperbaiki infastruktur semata, melainkan untuk menambah daya tarik kota yang dipadu dengan konsep estetika, edukasi serta rekreasi," sebutnya.

Tidak hanya itu, untuk menambah sarana rekreasi berupa ruang publik, Pemkab Donggala mengucurkan anggaran senilai Rp13 Miliar untuk penataan anjungan kota.

Lebih lanjut dia mengatakan dengan adanya penataan kota, maka secara tersendiri akan mendatangkan pengunjung untuk rekreasi di sarana dan fasilitas yang disediakan oleh pemkab.

"Hal itu akan memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat disekitar anjungan kota Donggala," katanya.