Donggala Tingkatkan Pemberdayaan Petani Dan Nelayan

id kasman

Donggala Tingkatkan Pemberdayaan Petani Dan Nelayan

Kasman Lassa (FOTO ANTARA/Mohamad Hamzah)

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemkab meningkatkan kualitas kerja petani dan nelayan yaitu melengkapi alat kerja mereka
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, meningkatkan pemberdayaan petani dan nelayan di daerah itu untuk memperbaiki kesejahteraan mereka dan memantapkan ketahanan pangan.

Bupati Donggala Kasman Lassa mengemukakan di Palu, Kamis, pemerintah kabupaten menyentuh masyarakat ekonomi kelas menengah ke bawah yang berprofesi sebagai nelayan dan petani dengan memberikan alat kelengkapan kerja.

"Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemkab meningkatkan kualitas kerja petani dan nelayan yaitu melengkapi alat kerja mereka," ujarnya.

Kasman mengatakan Pemkab Donggala memberikan bantuan berupa traktor tangan sebanyak 400 unit kepada petani yang di antaranya berada di Kecamatan Balaesang Tanjung, Kecamatan Balaesang, Kecamatan Sojol, Kecamatan Sindue, dan Kecamatan Sindue Tobata.

Pemberian alat tersebut, kata dia, untuk memaksimalkan kinerja petani yang berujung pada ketersediaan dan ketahanan pangan.

Pemkab Donggala, kata Kasman, juga memberikan bantuan kepada nelayan berupa mesin katinting sebanyak 60 unit pada tahun 2016 ini lewat Dinas Perikanan dan Kelautan, yang diberikan kepada seluruh nelayan di pesisir pantai kabupaten tersebut.

Bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada nelayan dan petani menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2015, dan telah diterima oleh petani dan nelayan yang berjumlah ratusan orang.

Bupati berharap berbagai bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh nelayan dan petani untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Pemkab Donggala, kata Kasman, akan terus berupaya memperbaiki kesejahteraan masyarakat ekonomi menengah ke bawah dengan berbagai stimulus yang tepat guna.