Krisis Listrik Di Morowali Karena Gangguan PLTM

id pln

Krisis Listrik Di Morowali Karena Gangguan PLTM

Manager PT PLN Area Palu Novalince (fajar.co.id)

Sebenarnya sesuai dengan daya terpasang, ketersediaan listrik cukup untuk kebutuhan masyarakat di daerah tersebut
Palu,  (antarasulteng.com) - Krisis pasokan listrik yang melanda Kabupaten Morowali Utara berlangsung sejak beberapa bulan terakhir akibat adanya gagguan pada Pembangkit Listrik Mikrohidro (PLTM) di daerah itu.

"Sebenarnya sesuai dengan daya terpasang, ketersediaan listrik cukup untuk kebutuhan masyarakat di daerah tersebut," kata Manager PT PLN Area Palu, Novalince Pamuso, Jumat menanggapi keluhan masyarakat terkait pemadaman bergilir yang sudah berlangsung sejak enam bulan terakhir di Kabupaten Morowali Utara.

Novalince menjelaskan, pihak PLN di daerah itu terpaksa melakukan pemadaman bergilir karena mengalami defisit daya cukup besar akibat dari adanya kerusakan tiga mesin PLTM Wawopada, Kecamatan Lembo.

Selain karena adanya kerusakan mesin, juga masalah air. "Kita tahu bersama bahwa air merupakan sumber utama PLTM," kata dia.

Sementara di satu sisi debit air Sungai Wawopada yang selama ini menggerakan pembangkit listrik mengalami penurunan drastis akibat dampak dari kemarau panjang pada 2015.

Hingga kini, meski sudah ada hujan, debit air masih belum bertambah dan pihak pengelola PLTM tentu dihadapkan pada masalah yang cukup berat dan sulit.

Apalagi, kata Novalince tidak ada sumber air alternatif yang bisa digunakan untuk mengatasi persoalan kebutuhan air PLTM Wawopada.

Terkait kerusakan tiga mesin PLTM, ia mengatakan pihak perusahaan pengelola pembangkit air tersebut telah mengupayakan perbaikannya kembali dan diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama sudah beroperasi lagi.

"Tapi meski mesin sudah normal ada masalah lain yaitu air. Debit air Sungai Wawopada sebagai sumber utama PLTM menurun drastis," kata dia.

Ke depan dalam mengatasi krisis listrik di Kabupaten Morowali, PLN Area Palu akan memindahkan satu unit pembangkit listrik tenaga disel (PLTD) di Tentena, Kabupaten Poso ke Kolonodale, Kabupaten Morowali Utara.

"Kita akan mencoba untuk memindahkan salah satu mesin PLTD di Kota Tentena ke Kolonodale secepatnya," katanya.

Namun, itupun belum bisa menjamin dapat mengatasi krisis listrik di Kabupaten Morowali.

Masyarakat di daerah itu mengeluh karena pemadaman listrik sudah cukup lama berlangsung. Masyarakat berharap pihak PLN melakukan langkah-langkah konkret mengatasi krisis listrik agar secepatnya bisa berakhir.