Administrator Kek Palu Tunggu Pelimpahan Kewenangan Perizinan

id kek

Administrator Kek Palu Tunggu Pelimpahan Kewenangan Perizinan

Sebuah pintu masuk Kawasan Industri Palu di Kecamatan Palu Utara, Kota Palu. (ANTARAFOTO/Basri Marzuki)

Tugas utama Administrator KEK itu mengurus izin. Saat ini kami belum bisa mengeluarkan izin karena masih menunggu pelimpahan kewenangan itu dari beberapa kementerian seperti Kementerian Perdagangan
Palu,  (antarasulteng.com) - Administrator Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu di Sulawesi Tengah saat ini sedang menunggu pelimpahan kewenangan perizinan dari sejumlah kementerian terkait maupun pemerintah provinsi setempat.

"Tugas utama Administrator KEK itu mengurus izin. Saat ini kami belum bisa mengeluarkan izin karena masih menunggu pelimpahan kewenangan itu dari beberapa kementerian seperti Kementerian Perdagangan," kata Kepala Administrator KEK Palu Sudaryano Lamangkona di Palu, Jumat malam.

Saat ini kata dia, baru pemerintah Kota Palu yang melimpahkan kewenangan perizinan kepada Administrator KEK Palu.

"Pelimpahan dari Gubernur kemungkinan minggu depan sudah keluar," katanya.

Sudaryano mengatakan seluruh kewenangan terkait perizinan di kementerian untuk KEK Palu sudah dalam proses dan diperkirakan dalam waktu tidak terlalu lama lagi kewenangan itu akan diserahkan ke Administrator KEK Palu.

"Kalau sudah selesai, kami akan menghubungi kembali para calon investor yang berminat berinvestasi di KEK Palu," katanya.

Dari daftar yang ada, telah tercatat sebanyak 36 perusahaan terdaftar sebagai peminat dengan rencana investasi Rp6,1 triliun.

Peminat terbesar adalah pembangunan smelter nikel dan besi sebanyak tujuh perusahaan dengan rencana total investasi Rp3,5 triliun.

Selebihnya di bidang industri berbasis agro seperti rotan, perikanan, bawang, karet dan cengkeh.

Dari 36 perusahaan tersebut 11 diantaranya telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama Pemerintah Kota Palu.

Sektor industri yang diminati dalam MoU tersebut bergerak di berbagai bidang diantaranya satu perusahaan bergerak di bidang pendidikan, industri, ekonomi, pertanian, sumber daya energi, agrikultur dan ketahanan pangan.

Sudaryano mengatakan untuk mencapai tujuan pelayanan kepada calon investor, Administrator KEK saat ini tengah membangun gedung sebagai pusat pelayanan perizinan satu pintu dalam kawsan KEK dan diperkirakan akan rampung dalam waktu dekat.

Saat ini Administrator KEK hanya menempati gedung Kakao Center di Kelurahan Pantoloan.