Pemprov Sulteng Optimis Kunjungan Wisatawan Capai Target

id norma

Pemprov Sulteng Optimis Kunjungan Wisatawan Capai Target

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Tengah (Antarasulteng.com/istimewa)

"Itu target dan tidak menutup kemungkinan bisa melebihinya
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemprov Sulawesi Tengah menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara pada 2016 ini sebanyak tiga juta orang dan optimis bisa mencapai target.

"Itu target dan tidak menutup kemungkinan bisa melebihinya,"kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemprov Sulteng, Norma Siti Mardjanu di Palu, Sabtu.

Ia mengatakan untuk merealisasikan target tersebut, berbagai langkah telah dilakukan seperti memperbaiki sarana dan prasarana menuju lokasi obyek wisata di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Sulteng.

Selain itu, juga meningkatkan promosi terhadap obyek-obyek wisata yang menarik dan unik untuk menyerap banyak kunjungan wisatawan ke Sulteng.

Dia mengaku dalam beberapa tahun terakhir ini, jumlah kunjungan wisatawan ke Sulteng mengalami peningkatan cukup mengembirakan.

Misalkan pada 2013, sebanyak 1 juta wisatawan mengunjungi Sulteng dan 2014 meningkat hingga mencapai 2 juta orang.

Sementara pada 2015 masih belum selesai pendataan, namum diperkirakan mengalami peningkatan.

Norma mengatakan di 2016 ini, Sulteng telah menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara di daerah ini sekitar 3 juta orang.

Ia yakin target kunjungan wisatawan ke Sulteng pada tahun ini meningkat sesuai target yang diharapkan. Bahkan tidak tertutup kemungkinan melebihinya.

Menjawab pertanyaan, Norma mengatakan selama GMT (Gerhana Matahari Total), Sulteng dikunjungi hampir 10.000 wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

Meski berbagai obyek menarik dan unik di Sulteng sudah cukup banyak diketahui wisatawan, namun Pemprov Sulteng dan Pemkab serta Pemkot terus gencar melakukan promosi.

Sejumlah obyek wisata yang semakin banyak dikunjungi wisatawan antara lain Tanjung Karang di Kabupaten Donggala, Danau Lindu di Kabupaten Sigi, Danau Tambing dan Patung Mengalit di Kabupaten Poso dan Terumbu Karang di Kabupaten Tojo Una-Una.

Selain itu masih banyak lagi lokasi obyek wisata menarik lainny tersebar di kabupaten dan kota di Provinsi Sulteng.