TNLL: Obyek Wisata Danau Tambing Dibuka Kembali

id tambing

TNLL: Obyek Wisata Danau Tambing Dibuka Kembali

Danau Tambing (palugate.com)

Palu,  (antarasulteng) - Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) sudah membuka kembali akses masuk ke lokasi Danau Tambing, salah satu obyek w.comisata alam paling banyak dikunjungi di Sulawesi Tengah.

"Sudah beberapa hari ini obyek wisata Danau Tambing yang terletak di Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso sudah dibuka kembali untuk wisatawan mancanegara dan nusantara," kata Kepala Balai Besar TNLL, Sudayatna di Palu, Minggu.

Ia mengatakan bahwa lebih sebulan lokasi obyek wisata tersebut terpaksa ditutup sementara karena alasan keamanan.

Lokasi Danau Tambing, kata Sudayatna, sebelumnya dijadikan `base camp` personil TNI/Polri yang sedang melakukan Operasi Tinombala untuk mengejar para teroris pimpinan Santoso yang diduga berada di wilayah pegunungan Napu, Kecamatan Lore, Kabupaten Poso.

Demi keamanan pengunjung dan mendukung Operasi Tinombala, makanya selama sebulan lebih, terpaksa obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan itu ditutup sementara, namun sekarang ini sudah dibuka lagi.

"Dalam beberapa hari ini kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara di lokasi itu sudah ramai kembali," kata Sudayatna.

Rifai, salah seorang wisatawan lokal membenarkan obyek wisata Danau Tambing yang berada pada ketinggian sekitar 1.700 meter dari permukaan laut itu kini sudah dibuka kembali.

"Kebetulan saya dan beberapa teman baru saja kembali dari obyek wisata itu," katanya.

Ia mengatakan obyek wisata itu pada hari libur seperti Sabtu dan Minggu banyak dikunjungi wisatawan, termasuk ada beberapa wisatawan mancanegara dari Belada dan Inggris.

Pada 2015, obyek wisata Danau Tambing dikunjungi sekitar 6.000 wisatawan nusantara, mancanegara dan lokal. Obyek wisata itu dapat dijangkau dari Palu menggunakan sepeda motor atau kendaraan angkutan pribadi dan umum sekitar dua jam.

Lokasinya sangat dekat dengan jalan poros Palu-Napu (sekitar 100 km) dari Ibu Kota Provinsi Sulteng.