Pln Kurangi Waktu Pemadaman Listrik Bergilir

id pln

Pln Kurangi Waktu Pemadaman Listrik Bergilir

Manager PT PLN Area Palu Emir Muhaimin (Foto Antara.Anas Masa) (.)

Palu,  (antarasulteng.com) - PT. PLN (Persero) Area Palu segera mengurangi waktu pemadaman listrik secara bergilir setelah masuknya suplai listrik dari PLTA Sulewana Poso melalui Gardu Induk Silae sebesar 24 Mega Watt (MW).

Manager PLN Area Palu Emir Muhaimin mengatakan di Palu, Sabtu, interkoneksi jaringan dari PLTA Sulewana Poso akan masuk melalui Gardu Induk Sidera lalu diteruskan ke Gardu Induk Silae dengan tegangan 150 Kv ke 20kv.

Dengan tambahan suplai dari PLTA Sulewana Poso, katanya, daya mampu PLN Area Palu saat ini mencapai 84 MW dan diharapkan segera bertambah lagi setelah PLTU Mpanau Palu menyelesaikan pemasangan dua pembangkit barunya.

Saat ini, sebut Emir, pihaknya berupaya agar pemadaman tidak lagi berlangsung lama namun hal itu dilakukan secara bertahap dan perlahan.

Menurut dia, meskipun suplai listrik yang masuk ke sistem Palu telah memadai, bukan berarti tidak ada lagi pemadaman, namun durasi waktu pemadaman sudah berkurang setiap hari.

Kalau sebelumnya pemadaman dilakukan selama dua kali enam jam setiap 24 jam, maka sekarang sudah sangat jauh berkurang.

"Mudah-mudahan pada awal Mei, persoalan pemadaman listrik di sistem Palu sudah teratasi," lanjutnya.

Ia mengaku sangat memahami keluhan masyarakat soal pemadaman bergilir yang berlangsung selama beberapa pekan terakhir dan memohon maaf kepada masyarakat.

General Manager Unit Induk Pembangunan (UIP) PLN 13 Sulawesi, Gidian menyebutkan pihaknya terus berupaya menyelesaikan pembangunan jaringan distribusi listrik dari PLTA Sulewana ke Palu agar pasokan listrik tetap terjaga terutama menjelang bulan Ramadhan.

Ia mengaku pemadaman listrik di sistem Palu sejak beberapa pekan ini menjadi persoalan besar yang dihadapi PLN, sehingga tim dari PLN Wilayah Sulutenggo secara khusus datang ke Palu untuk bersama-sama dengan PLN Area Palu memaksimalkan perbaikan.