Petugas SE2016 Sasar Kediaman Wakil Walikota Palu

id sensus

Petugas SE2016 Sasar Kediaman Wakil Walikota Palu

Sensus Ekonomi 2016 (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Kediaman Wakil Wali Kota (Wawali) Palu, Sigit Purnomo Said atau Pasha "Ungu" juga tidak lepas dari pendataan Sensus Ekonomi 2016 (SE2016).

Sebanyak sembilan orang petugas SE2016 yang dipimpin Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Palu, I Nyoman Dwinda di Palu, Selasa, mendatangi kediaman Sigit di Perumahan elit Citra Land Palu, Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore.

Kunjungan yang dilakukan petugas sensus hanya beberapa menit saja, membuat mantan vokalis Ungu Band tersebut merasa heran.

"Lho, hanya tiga pertanyaan sajakah. Kalau tahu begini mending di SMS saja," guraunya.

Dalam kesempatan tersebut, wawali mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Palu, agar dapat bekerjasama mensukseskan kegiatan SE2016. Caranya kata dia, dengan menerima kehadiran petugas sekaligus membantu mereka dengan memberikan informasi yang benar.

"Saya berharap masyarakat dapat memberikan segala informasi yang terkait kegiatan ekonomi, baik usaha pribadi maupun usaha keluarga demi kemajuan Kota Palu," ujarnya.

Hasil yang diperoleh petugas sensus, juga sama dengan apa yang didapatkan dari kediaman Wali Kota sebelumnya yakni dua pucuk pimpinan Kota Palu itu, sama-sama tidak memiliki usaha sampingan.

Sementara Kepala BPS Kota Palu, I Nyoman Dwinda kembali mengimbau kepada masyarakat agar tidak menutup informasi dari kondisi yang sebenarnya.

"Karena sensus ekonomi tidak terkait dengan kegiatan pajak dan sebagainya. Kalau masyarakat dapat memberikan informasi yang benar, maka perencanaan pembangunan ke depan dari hasil sensus ini bisa memberikan manfaat yang lebih baik lagi," ujarnya.

Dia menambahkan, dalam sensus ini ada beberapa ketentuan yang dilakukan petugas dalam mengidentifikasi seluruh kegiatan ekonomi. Petugas bisa memulainya dengan mendatangi rumah ke rumah.

"Kalau sekiranya dia punya kegiatan di luar rumah, katakanlah toko atau jenis usaha lainnya di tempat lain, maka pencacahan dilakukan di tempat usahanya," jelasnya.