Kunjungan Wisatawan Ke Danau Tambing Berkurang

id tambing

Kunjungan Wisatawan Ke Danau Tambing Berkurang

DANAU TAMBING Para wisatawan baik domestik maupun asing yang datang ke Danau Tambing, melihat akan keindahan danaunya serta melihat burung endemik yang ada di TNLL (foto antara/anas masa)

Pengunjung yang berkurang antara lain disebabkan dampak dari penutupan kegiatan pendakian Gunung Rorekatimbu yang berada di sekitar objek wisata itu
Palu,  (antarasulteng.com) - Kunjungan wisatawan termasuk dari mancanegara ke Danau Tambing di Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah selama lima bulan terakhir ini berkurang dibandingkan sebelumnya.

"Pengunjung yang berkurang antara lain disebabkan dampak dari penutupan kegiatan pendakian Gunung Rorekatimbu yang berada di sekitar objek wisata itu," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) Sudayatna, di Palu, Minggu.

Tanpa memerinci lebih lanjut, dia mengakui sebagian besar pengunjung objek wisata Danau Tambing adalah para pencinta alam yang datang dari Kota Palu dan beberapa wilayah di sekitarnya seperti Kabupaten Sigi dan Donggala serta Poso.

Selama ini, kata dia, para pencinta alam sangat menggemari kegiatan mendaki gunung yang terkenal cukup dingin di atas sekitar 2.000-an meter dari permukaan laut (mdpl).

Sedangkan pengunjung lainnya hanya menikmati panorama keindahan Danau Tambing yang saat pagi hari sangat indah dilihat dengan ciri khasnya ditutupi uap air cukup dingin.

Sebagian lagi, khususnya para wisman hanya ingin mengamati dan meneliti burung endemik yang hanya dijumpai di sekitar Danau Tambing.

Sudayatna mengaku sejak ditutup kegiatan pendakian Gunung Rorekantimbu beberapa waktu lalu karena kepentingan Operasi Tinombala mengejar teroris pimpinan Santoso, jumlah pengunjung berkurang dan berimbas pula pada pendapatan penjualan karcis masuk di lokasi itu.

Dia mengemukakan, penghasilan dari penjualan karcis kepada para pengunjung pada tahun ini dipastikan tidak mencapoai target yang diharapkan.

Danau Tambing merupakan salah satu objek wisata yang selama ini banyak dikunjungi wisatawan karena terletak dekat dengan jalan poros Palu-Napu.

Lokasinya dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua dan empat selama 2,5 jam dari Kota Palu. Kondisi jalan juga sudah beraspal.

Khusus Danau Tambing terletak pada ketinggian 1.700 mdpl, berada pada wilayah Pemerintahan Kabupaten Poso.

Wilayah Napu dalam dua tahun terakhir ini menjadi wilayah operasi pengejaran teroris pimpinan Santoso.