Polres Palu Siapkan 800 Personil Amankan Ramadhan

id polisi

Polres Palu Siapkan 800 Personil Amankan Ramadhan

Ilustrasi (antaranews)

Dari jumlah tersebut, masing-masing dari Polres Palu sebanyak 494 personil dan sisanya adalah BKO dari Polda Sulteng
Palu,  (antarasulteng.com) - Kepolisian Resort Kota Palu menyiapkan 800 personil yang akan bertugas mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban selama bulan Ramadhan tahun 2016.

"Dari jumlah tersebut, masing-masing dari Polres Palu sebanyak 494 personil dan sisanya adalah BKO dari Polda Sulteng," kata Kapolres Palu, AKBP Basya Radyananda, Kamis.

Para personil tersebut akan dibagi dalam beberapa satuan tugas (satgas), seperti Satgas Preemtif, Preventif dan Penegakkan Hukum (Gakkum). Mereka akan bertugas mengamankan jalannya Ramadhan selama 60 hari.

Basya menjelaskan Satgas Preemtif bertugas memberikan sosialisasi dan imbauan Kamtibmas. Satgas ini akan menjalin kerja sama dengan MUI maupun SKPD terkait guna melakukakan monitoring yang berpotensi terhadap gangguan Kamtibmas maupun pendistribusian sembako.

Kemudian Satgas Preventif bertugas melaksanakan patroli dan hunting pada waktu-waktu tersebut. Dalam melaksanakan tugasnya, Satgas ini akan melaksanakan pengaturan lalu lintas, patroli hunting pada waktu-waktu rawan.

"Sedangkan Satgas Penegakkan Hukum akan menyasar kasus curat, curas, dan curanmor, maupun kejahatan lainnya seperti miras, petasan, narkoba dan prostitusi," kata Basya.

Menurut Kapolres, ada beberapa kerawanan yang akan muncul pada saat bulan Ramadhan, di antaranya pada waktu setelah sahur sampai dengan hari terang dan pada saat menjelang buka puasa sampai dengan setelah pelaksanaan shalat tarawih.

Hal-hal yang lazim terjadi antara lain balapan liar, kebut kebutan menggunakan knalpot bogar, konsumsi minuman beralkhohol, prostitusi, kenakalan remaja, curas, curat, curanmor, narkoba perkelahian preman, dan perebutan lahan parkir.

Besar harapan Kapolres agar Ramadhan tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Olehnya dia mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Palu agar bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas.

"Kepada masyarakat terutama orang tua diharapkan dapat mengendalikan anak-anaknya agar tidak melakukan suatu tindakan yang dapat mengganggu situasi kamtibmas," katanya mengimbau.

Selain itu Kapolres mengharapkan Dinas Perhubungan agar dapat menertibkan tukang parkir dengan memberikan rompi atau tanda identitas yang seragam agar mempermudah dalam pelaksanaan tugasnya serta tidak menimbulkan suatu tindak pidana dan kepada para ketua RT agar dapat membina lingkungannya dengan baik.