MTQ Ongka Malino Resmi Ditutup

id Parimo, MTQ

MTQ Ongka Malino Resmi Ditutup

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Parigi Moutong Irfan Nur menyerahkan piala bergilir MTQ Kecamatan Ongka Malino kepada pemenang, Kamis malam (25/5).(humas)

Irfan Nur : "Jangan kita jadikan ajang MTQ ini hanya sebagai ajang penampilan serta kehebatan dalam melangsungkan bait-bait Ayat Alquran melaikan harus lebih mengambil makna dan hikmah di balik kegiatan ini,"
Parigi (antarasulteng.com) - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) IV tingkat Kecamatan Ongka Malino, Parigi Moutong, resmi ditutup oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Parigi Moutong Irfan Nur, di lapangan Sepak Bola Desa Ongka, Kamis Malam (25/5).

Irfan mengatakan Pemkab Parigi Moutong memberi apresiasi positif kepada seluruh panitia pelaksana yang telah bersusah payah, bahu-membahu demi suksesnya kegiatan penutupan MTQ tersebut dengan aman dan lancar.
 
Irfan mengatakan penyelanggaraan MTQ merupakan ajang menjalin silaturahim juga sebagai sarana untuk lebih memahami nilai-nilai luhur dalam ajaran AlQuran yang bersifat universal sehingga kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah selalu terpelihara dan terjaga dengan baik.

"MTQ ini juga wahana untuk memantapkan jalinan islamia dan insania sebagai pondasi dalam menatap kelangsungan hidup beragama maupun diri sendiri, sehingga terjalin persatuan dan kesatuan yang kokoh yang tidak mudah digoyahkan oleh isu-isu yang dapat memecah belah persatuan kita," katanya.

Dia juga meminta agar menjadikan MTQ kali ini sebagai wadah mengevuluasi diri, sejauh mana penerapanpola hidup yang baik sesuai dengan ajaran Islam.

"Jangan kita jadikan ajang MTQ ini hanya sebagai ajang penampilan serta kehebatan dalam melangsungkan bait-bait Ayat Alquran melaikan harus lebih mengambil makna dan hikmah di balik kegiatan ini," katanya.

Irfan berharap kepada peserta yang meraih juara agar tidak berpuas diri sehingga perlu terus mengasah diri dan lebih memantapkan diri yang akan mewakili kecamatannya untuk mengikuti lomba MTQ tingkat kabupaten yang akan diselenggarakan di Kecamatan Siniu, Oktober mendatang.

Penutupan MTQ ke IV tingkat Kecamatan Ongka Malino yang diselenggarakan oleh Desa Ongka yang mendapat Juara Umum pada ajang tersebut adalah Desa Lambanau, kemudian disusul desa tuan rumah Desa Ongka dan disusul oleh Desa Malino.

Ketua Panitia Galib yang juga Kepala Desa Ongka mengatakan tujuan diselenggarakannya MTQ adalah meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.
   
"Selain itu juga meningkatkan kecintaan kita terhadap Alquran, serta meningkatkan seni dalam membaca dan mengamalkan Alquran dalam kehidupan kita sehari-hari, membina hubungan baik sesama umat beragama dan umat beragama lain sehingga terwujud lingkungan yang harmonis di tengah-tengah masyarakat," katanya.

MTQ IV tersebut diikuti 94 peserta yang tesebar di 14 desa di Kecamatan Ongka Malino dan mengikuti semua cabang lomba yang diperlombakan.

Penutupan MTQ IV dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Parigi Moutong, Sumitro, salah satu perwakilan dari Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Rustam, Kapolsek Ongka Malino dan Sejumlah Tokoh Masyarakat se Kecamatan Ongka Malino.***