Sulteng Berpelung Antarpulaukan 20.000 Sapi

id sapi

Sulteng Berpelung Antarpulaukan 20.000 Sapi

Ilustrasi (FOTO ANTARA/Siswowidodo)

Palu, (antarasulteng.com) - Provinsi Sulawesi Tengah pada 2016 ini berpeluang besar dapat mengantarpulaukan 20.000 ekor sapi potong ke sejumlah daerah di Tanah Air.

"Tiap tahunnya kita mengirim ternak sapi potong antara lain ke Kalimantan Timur," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulteng, Faizal Mang di Palu, Rabu.

Ia mengatakan Sulteng sejak beberapa tahun terakhir ini telah mampu memenuhi sendiri kebutuhan daging dari hasil peternakan lokal.

Pengembangan ternak sapi potong di Sulteng menyebar hampir merata di 13 kabupaten dan Kota di provinsi itu.

Namun populasi pengembangan ternak sapi terbesar di Sulteng, kata Faizal, yakni di Kabupaten Banggai.

Kabupaten Banggai selama ini merupakan daerah produsen ternak sapi terbesar di Provinsi Sulteng. Daging sapi yang dijual di pasar-pasar tradisional di Palu kebanyakan dari daerah itu.

Juga berasal dari dua kabupaten tetangga Palu yakni Sigi dan Donggala.

Faizal mengatakan antarpulau ternak sapi potong ke Kaltim sudah berlangsung cukup lama dan hingga kini terus mengalami peningkatan.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Sulteng setiap tahun mengantarpulaukan ternak sapi potong ke Kaltim rata-rata 11.000 ekor.

Namun tahun 2016 ini, kata Faizal, Sulteng sangat berpotensi besar mengantarpulaukan ternak sapi potong ke daerah itu hingga mencapai 20.000 ekor.

"Itu sangat memungkinkan karena melihat populasi ternak sapi di Sulteng yang pada tahun 2015 meningkat sekitar tiga pesen dari tahun sebelumnya," kata dia.

Pada 2014 populasi ternak sapi Sulteng 270.000 ekor, meningkat menjadi 290.000 ekor (2015) dan 2016 ini ditargetkan naik menjadi 300.000 ekor.