DPRD Harap Pemkot Tingkatkan Sumber PAD

id iqbal, dprd

DPRD Harap Pemkot Tingkatkan Sumber PAD

Ketua DPRD Kota Palu, M. Iqbal Andi Magga (fb)

Perlu ada upaya yang didorong dengan inovasi untuk menambah sumber PAD Kota Palu yang berdampak pada peningkatan APBD demi pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kota Palu
Palu,  (antarasulteng.com) - DPRD Kota Palu, Sulawesi Tengah, mendesak pemerintah kota setempat untuk menambah sumber-sumber pendapatan baru bagi daerah ini.

Ketua DPRD Kota Palu M. Iqbal Andi Magga menyatakan di Palu, Kamis, masih banyak potensi yang dapat dikelola oleh Pemkot Palu sebagai sumber pendapatan asli daerah untuk menambah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Perlu ada upaya yang didorong dengan inovasi untuk menambah sumber PAD Kota Palu yang berdampak pada peningkatan APBD demi pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kota Palu," ungkap Eki sapaan akrab Iqbal Andi Magga.

Politisi Partai Golongan Karya itu mengatakan Pemkot Palu dapat menambah sumber PAD dengan menggenjot perparkiran, retribusi pasar.

Terkait hal itu Kepala Bidang Pendapatan Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Palu, Herman, mengatakan pemerintah Kota Palu menargetkan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2016 senilai Rp290.538 miliar.

Ia menjelaskan target PAD tersebut meningkat jika dibandingkan target PAD 2015 sebesar Rp277.537 miliar.

Target PAD tersebut ditunjang oleh pajak daerah senilai Rp101.575 miliar, retribusi Rp25,135 miliar, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan senilai Rp3.749 miliar dan lain-lain pendapatan daerah yang sah senilai Rp160 Miliar.

Dirinya berharap semua pihak baik pemerintah, pengusaha dan masyarakat dapat taat melaksanakan kewajibannya kepada daerah untuk kepentingan pembangunan daerah.