Pemprov-Bulog Siapkan Operasi Pasar Daging Sapi

id sapi

Pemprov-Bulog Siapkan Operasi Pasar Daging Sapi

Ilustrasi (ANTARA)

Kemarin sudah ada kesepakatan dan perjanjian antara Bulog dan asosiasi pemilik sapi
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah telah menyiapkan kemungkinan dilakukan operasi pasar daging sapi untuk menjaga kestabilan harga di bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 2016.

"Kemarin sudah ada kesepakatan dan perjanjian antara Bulog dan asosiasi pemilik sapi," kata Asisten bidang Perekonomian dan Kesra Setda Sulteng Bunga Elim Somba di Palu, Senin.

Ia menjelaskan keputusan bersama yang diambil yakni apabila harga daging sapi di atas Rp100.000 per kilogram, maka Bulog akan membeli daging sapi dari asosiasi. Daging tersebut akan dijual melalui operasi pasar dengan harga di bawah Rp 100.000 per kilogram.

"Jadi semuanya sudah bersiap-siap, apabila nantinya operasi pasar daging sapi dibutuhkan di Kota Palu," katanya.

Selain itu, pertemuan juga dihadiri Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kadis Peternakan, Bulog Sulteng, Biro perekonian, rumah potong hewan dan asosiasi pemilik sapi.

Sebelumnya, Ppelaksana Tugas Sekretaris Daerah Sulteng Derry B Djanggola mengatakan pemda saat ini berupaya mencari peternak atau komunitas peternak yang bersedia menjual sapi mereka.

"Jadi pemerintah membeli langsung ke peternak dan menjual kembali ke masyarakat dengan harga yang lebih murah dari pasar saat ini," katanya.

Pemprov Sulteng sempat mempunyai keinginan untuk mendatangkan sapi dari Australia, tapi hal itu tidak jadi dilakukan karena ingin memberdayakan peternak lokal Sulteng.

"Saat ini kami masih mencari sapi yang bisa dibeli. Kami terus berusaha untuk mengendalikan kenaikan harga dan terus memantau pergerakan kebutuhan bahan pokok setiap harinya," katanya.