Dishub Palu Imbau Warga Mudik Lebih Awal

id dishub

Dishub Palu Imbau Warga Mudik Lebih Awal

Ilustrasi (antara)

Selain menghindari kepadatan penumpang, mudik lebih awal juga bisa mendapatkan tarif murah dibandingkan sudah mendekati lebaran
Palu,  (antarasulteng.om)- Kepala Dinas Perhubungan Kota Palu Ajenkris mengimbau warga yang akan mudik Lebaran 2016 keluar daerah sebaiknya melakukan perjalanan lebih awal agar menguntungkan bagi diri sendiri.

"Selain menghindari kepadatan penumpang, mudik lebih awal juga bisa mendapatkan tarif murah dibandingkan sudah mendekati Lebaran," kata dia, di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis.

Ia mengatakan melakukan perjalanan lebih awal juga memudahkan bagi diri sendiri terhindar dari kesulitan mendapatkan tiket baik menggunakan jalur transportasi darat maupun udara.

Kecuali menggunakan moda transportasi laut, harga tiket kapal laut tidak mungkin dinaikkan sepihak oleh PT Pelni.

Karena itu, warga Sulteng atau warga dari daerah lain yang tinggal dan bekerja di daerah ini dan berencana bersama keluarga untuk mudik ke kampung halaman masing-masing seyogianya mengadakan perjalanan mudik lebih awal.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya jika baru melakukan perjalanan mudik mendekati lebaran dengan menggunakan moda transportasi umum biasanya sudah sangat sulit mendapatkan tiket.

Selain itu, harga tiket pesawat jika mendekati Idulfitri dipastikan mengalami kenaikan cukup tinggi karena banyak yang membutuhkannya sementara maskapai jumlahnya tetap.

Jajaran Dishub Provinsi Sulteng maupun Kota Palu, kata Ajenkris tetap akan melakukan pengawasan terhadap semua jenis angkutan mudik Lebaran 2016.

Pada terminal-terminal, petugas posko angkutan lebaran akan melakukan pengecekan dan pemeriksaan bagi para sopir maupun fisik kendaraan sebelum diberangkatkan menuju kota tujuan.

Bahkan, kata dia, ada rencana untuk melakukan tes urine bagi para sopir bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Palu.

Langkah itu dilakukan semata-mata untuk menjamin kelancaran arus mudik dan menghindari hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan penumpang dalam perjalanan mudik, ujar dia lagi.

Soal jumlah armada, menurut dia, cukup memadai seperti tahun-tahun sebelumnya.

Semua terminal darat, laut, dan udara di Palu, katanya, tersedia posko angkutan lebaran yang melibatkan semua instansi terkait di daerah ini.