Dishub Ingatkan Pemudik Lebaran Hati-hati

id dishub

Dishub Ingatkan Pemudik Lebaran Hati-hati

Ilustrasi (antara)

Curah hujan selama dua pekan terakhir ini meningkat sehingga perlu diwaspadai para pengendara angkutan umum maupun pribadi yang akan mudik ke berbagai kota di dalam mupun luar wilayah Sulteng
Palu,  (antarasulteng.com) - Dinas Perhubungan Kota Palu mengingatkan para pemudik Lebaran khususnya yang menggunakan transportasi darat untuk lebih berhat-hati karena kondisi cuaca cukup ekstrim dalam beberapa hari ke depan.

"Curah hujan selama dua pekan terakhir ini meningkat sehingga perlu diwaspadai para pengendara angkutan umum maupun pribadi yang akan mudik ke berbagai kota di dalam mupun luar wilayah Sulteng," kata Kepala Dishub Palu, Ajenkris, Kamis.

Ia mengatakan dalam kondisi cuaca seperti sekarang ini, tiap hari hujan mengguyur sebagian besar wilayah di Sulteng, sehingga yang harus diwaspadai adalah jalur-jalur rawan longsor.

Di wilayah Sulteng, kata dia, banyak jalur rawan longsor karena struktur tanah yang labil.

Makanya, kata dia, para pemudik Lebaran yang menggunakan sepeda motor mupun mobil perlu ekstra hati-hati dalam perjalanan sebab selain rawan longsor, juga badan jalan licin.

Jika tidak hati-hati, kendaraan bisa tergelincir dan terperosok ke dalam selokan atau jurang.

Apalagi, katanya, menjelang Lebaran, arus lalulintas cukup padat dibandingkan hari biasa karena banyak yang akan mudik merayakan Idul Fitri di kampung halamannya masing-masing.

Ajenkris juga mengimbau para pengendara untuk tidak memacu kendaraan melebihi batas kecepatan di jalan mengingat arus kendaraan yang lalu-lalang di jalan menjelang hari raya ramai demi keselamatan jiwa diri sendiri dan para pengguna jalan lainnya.

Jalur mudik yang selama ini paling ramai dalah poros Taweli-Toboli. Jalan nasional yang merupakan penghubung Trans Sulawesi dari dan ke Kota Palu tersebut rawan tanah longsor dan juga kecelakaan.

Poros jalan nasional itu memiliki cukup banyak tikungan tajam dan sangat licin saat musim hujan itu.