Bupati Donggala: Gaji Kepala Desa Rp6 Juta

id kasman, lassa

Bupati Donggala: Gaji Kepala Desa Rp6 Juta

Kasman Lassa (FOTO ANTARA/Mohamad Hamzah)

Donggala,  (antarasulteng.com) - Bupati Donggala, Sulawesi Tengah, Kasman Lassa menyatakan bahwa gaji kepala desa di 158 desa mencapai Rp6 juta lebih.

Gaji tersebut, kata dia di Donggala, Senin, diterima setiap tiga bulan sekali oleh seluruh kepala desa di kabupaten tersebut setiap masa kerja.

"Di Donggala gaji kepala desa Rp6 juta, gaji tersebut mereka terima setiap tiga bulan sekali oleh semua kepala desa," ungkap Kasman Lassa.

Gaji tersebut bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD) yang diatur dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Donggala.

Setiap desa di Kabupaten Donggala mendapat ADD bervariasi mulai dari Rp100 juta hingga Rp200 juta setiap tahun dari APBD.

Dana tersebut dipergunakan untuk operasional kegiatan pemerintahan desa serta penyelenggaraan administasi pemerintahan desa.

"ADD dari APBD diberikan ke desa dalam jumlah yang bervariasi, diatur oleh Pemkab Donggala dengan nmelihat berbagai pertimbangan," ujarnya.

Menurut dia, tidak hanya ADD dari APBD Kabupaten Donggala, setiap desa juga menerima dana desa senilai Rp1 Miliar dengan demikian jumlah anggaran desa berkisar di angka Rp1,100 miliar sampai Rp1,200 miliar.

Total keseluruhan dana desa yang masuk ke Kabupaten Donggala mencapai Rp158 miliar teralokasi di 158 desa, yang dimanfaatkan untuk pembangunan desa.

Pemkab Donggala telah memberikan pembobotan kepada seluruh kepala desa, sekretaris desa, bendahara desa lewat pelatihan manajemen pengelolaan keuangan desa yang bersumber dari ADD dan dana desa.

"Sejak tahun 2014 saya telah mengeluarkan kebijakan untuk memberikan pelatihan kepada seluruh perangkat desa yang meliputi kepala desa, sekretaris dan bendahara untuk mempelajari pengelolaan dan pemanfaatan dana desa serta ADD," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa hal itu dilakukan oleh Pemkab Donggala untuk menghindari hal - hal negatif yang terjadi dalam pemanfaatan anggaran tersebut.