Lebaran 2016 - Bandara: Arus Mudik Lebaran Naik 20 Persen

id bandara

Lebaran 2016 - Bandara:  Arus Mudik Lebaran Naik 20 Persen

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Meski terjadi peningkatan sebesar itu, tetap masih dapat diimbangi dengan jumlah maskapai yang ada
Palu,  (antarasulteng.com) - Otoritas Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Sulawesi Tengah memperkirakan arus mudik Lebaran kali ini meningkat sekitar 20 persen dari sebelumnya.

"Meski terjadi peningkatan sebesar itu, tetap masih dapat diimbangi dengan jumlah maskapai yang ada," kata Kepala Bandar Udara Mutiara Palu Benyamin Noach Apituley di Posko Angkutan Lebaran yang ada di bandara kebanggaan masyarakat Sulteng itu, Rabu.

Ia mengatakan jumlah penumpang yang diberangkatkan pada H-7 Lebaran melalui Bandara Mutiara Palu mengalami peningkatan dari hari-hari sebelumnya.

Ia tidak merinci, kecuali mengatakan jika dibandingkan hari-hari sebelumnya, penumpang yang diberangkatkan hari ini meningkat.

Dia menjelaskan frekwensi penerbangan di bandara itu setiap hari, termasuk hari ini ada 20 kali penerbangan untuk sejumlah maskapai yang membuka rute dari dan ke Palu.

Rata-rata penumpang yang diberangkatkan per hari melalui Bandara itu sekitar 2.500 orang. Namun selama H-7 sampai H+7 bisa meningkat sampai 3.000 orang per harinya.

Benyamin juga menambahkan puncak arus mudik Lebaran menggunakan transportasi udara di Palu diprediksikan seperti tahun-tahun sebelumnya terjadi pada H-3 hari raya Idul Fitri.

Karena itu, ia mengimbau masyarakat yang akan mudik untuk menghindari arus padat dengan berangkat lebih awal lagi.

"Jika berangkat sebelum H-3 Lebaran, kemungkinan mendapatkan tiket masih mudah," katanya.

Benyamin juga meminta para penumpang yang mengalami gangguan kesehatan bisa memeriksakan diri di posko.

"Di Bandara Mutiara Palu ada pos pelayanan kesehatan gratis bagi para pemudik," katanya.