Pemkot Palu Jalin Kerjasama Dengan ITB

id dprd, itb, palu

Pemkot Palu Jalin Kerjasama Dengan ITB

Kerja sama Pemerintah Kota Palu dengan Institut Teknologi Bandung (ist)

Kerjasama ini merupakan kerjasama permulaan antara Pemkot Palu dan Institut Tekhnologi Bandung, yang akan ditindak lanjuti dengan kerjasama yang lebih detail atau lebih rinci
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah menjalin kerjasama dengan Institut Tekhnologi Bandung (ITB) dalam hal pengembangan pariwisata, perencanaan kota serta pendidikan.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu, M. Iqbal Andi Magga, di Palu, Senin, menyatakan bahwa pihak ITB dalam penandatangan Memorandum Of Understanding diwakili oleh Wakil Rektor bidang riset, inovasi dan kemitraaan, Prof. Dr. Bambang Riyanto Trilaksono.

"Kerjasama ini merupakan kerjasama permulaan antara Pemkot Palu dan Institut Tekhnologi Bandung, yang akan ditindak lanjuti dengan kerjasama yang lebih detail atau lebih rinci," ungkap Eki sapaan akrab M. Iqbal Andi Magga.

Politisi Partai Golongan Karya itu menguraikan kerjasama yang dihadiri langsung oleh Wali Kota Palu, Hidayat, akan berlaku selama lima tahun, yang setiap tahunnya akan dilakukan perpanjangan.

Dia menyebut Pemkot Palu akan menindak lanjuti kerjasama tersebut peritem bidang, agar lebih rinci atau lebih detail selama kepemimpinan Wali Kota, Hidayat dan Wakil Wali Kota, Sigit Purnomo Said.

Lanjut dia hal yang terpenting dalam penandatangan MoU tersebut yakni, perencanaan atau pengembangan kota. Olehnya, Palu sebagai salah satu kota berkembang di Indonesia perlu perencanaan yang matang dalam pengembangannya, yang harus diimplementasikan oleh Pemkot Palu.

Mulai dari pemanfaatan ruang dan peruntukan ruang dan kawasan, penataan dan peningkatan jalan sebagai sarana transportasi, pembangunan infastruktur perkantoran dan hunian serta ruang - ruang publik dan lainnya.

"Kerjasama ini sangat penting sifatnya, dikarenakan Kota Palu sebagai kota berkembang membutuhkan perencanaan yang matang dalam pemanfaatan ruang dan kawasan," sebut Iqbal Andi Magga.

Selain itu kerjasama tersebut merupakan salah satu dari upayah Pemkot Palu dalam pengembangan hutan kota di Kecamatan Palu Timur, dan pengembangan taman lainnya untuk pemenuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH) 30 persen.