Pemkot Palu Kerja Sama IAIN Pengembangan Perempuan

id iain

Pemkot Palu Kerja Sama IAIN Pengembangan Perempuan

Wali Kota Palu Drs. Hidayat, MSi saat menerima kkunjungan rektor IAIN Palu Prof. Dr. H. Zainal Abidin, MAg (fb)

Ini sangat baik karena situasi saat ini dimana kasus kekerasan terhadap perempuan sangat meningkat, olehnya dibutuhkan pembinaan mental masyarakat khususnya ibu-ibu atau kaum hawa untuk bisa berkembang dan berekspresi sesuai tuntan zaman
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah membangun kerjasama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu dalam rangka pengembangan dan pembinaan perempuan dengan metode gender.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Pemkot Palu Ansyar Sutiadi di Palu, Jumat, mengemukakan bahwa Pemkot Palu telah menerima proposal IAIN untuk bekerja sama dalam pembinaan dan pengembangan mental masyarakat khususnya kaum hawa berbasis gender.

"Ini sangat baik karena situasi saat ini dimana kasus kekerasan terhadap perempuan sangat meningkat, olehnya dibutuhkan pembinaan mental masyarakat khususnya ibu-ibu atau kaum hawa untuk bisa berkembang dan berekspresi sesuai tuntan zaman," ungkap Ansyar Sutiadi.

Menurut Ansyar selain pengembangan dan pembinaan masyarakat dengan model pendekatan gender, juga penelitian tentang problem masyarakat, serta penelitian dan pembinaan mental anak.

Kota Palu, sebut dia, membutuhkan keterlibatan pihak - pihak termasuk perguruan tinggi Islam negeri untuk membina mental masyarakat dengan model - model pendekatan tertentu, yang berujung pada pengembangan mental dan kreatifitas.

Olehnya dibutuhkan konsep dan gagasan yang membangun yang dapat memberikan solusi atas problem yang terjadi di Kota Palu, untuk di intervensi secara bersama - sama oleh pemerintah dengan pihak akademisi.

"Tiga poin penting dalam usulan kerja sama tersebut akan ditindak lanjuti oleh Pemkot Palu untuk segera direalisasikan secara bersama - sama agar masalah dapat segera terselesaikan," ujarnya.

Sementara itu perwakilan LP2M IAIN Palu, Muhdar Ibrahim, menyatakan bahwa secara kelembagaan LP2M memberikan konsep dan gagasan untuk membantu pemerintah Kota Palu dalam penyelesaian problem masyarakat khususnya kaum hawa dan generasi muda.

Pihaknya akan menurunkan berbagai akademisi yang memiliki keahlian dan kecakapan serta kemampuan di bidangnya masing - masing, untuk meneliti dan memberikan solusi kepada Pemkot Palu.

"Ini langkah awal dari kerja sama yang dibangun oleh Pemkot palu dan IAIN yang insya allah dapat terealisasi dengan baik, serta membantu pemerintah dalam menyelesaikan masalah masyarakat," katanya