Bulog Salurkan Raskin Sampai Agustus 2016

id bulog

Bulog Salurkan Raskin Sampai Agustus 2016

Bulog (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Bulog Sulawesi Tengah hingga kini sudah menyalurkan rastra (dahulu raskin) di Kabupaten Banggai sudah sampai jatah Agustus 2016.

Kepala Divisi Regional Bulog Luwuk, Abdul Gani B Karnae, Sabtu mengatakan realisasi penyaluran beras bersubsidi di Kabupaten Banggai hingga kini sudah mencapai 4.523 ton.

"Jatah rastra yang telah tersalurkan itu sudah sampai Agustus mendatang," katanya.

Ia menjelaskan setiap bulannya, Bulog Luwuk mengalokasikan jatah rastra untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sasaran (RTS) di daerah itu sekitar 500an ton.

Kebutuhan beras tersebut diperoleh dari hasil pengadaan beras petani di Kabupaten Banggai.

Kabupaten Banggai,kata Gani termasuk salah satu daerah sentra produksi beras terbesar di Provinsi Sulawesi Tengah.

Hanya saja, kata dia, untuk pengadaan beras musim panen (MP) 2016 ini, pembelian agak berjalan seret dan Bulog Luwuk baru berhasil membeli sekitar 1.600 ton dari target yang ditetapkan sebanyak 12.000 ton.

Dia menjelaskan seretnya pengadaan bukan karena hasil produksi petani menurun, tetapi terkait masalah harga beras di tingkat petani di wilayah itu hingga kini masih diatas harga pembelian Bulog.

Bulog membeli sesuai harga eceran tertinggi (HET) yaitu Rp7.300/kg. Harga beras di tingkat petani sekarang ini berkisar Rp8.000an/kg.

Meski pengadaan berjalan seret, namun Gani optimitis realisasi pembelian ke depan akan lebih besar lagi. Bahkan tidak menutup kemungkinan target pengadaan bisa tercapai 100 persen.