Ribuan Masyarakat Palu Hadiri Pembukaan FPPN

id nomoni

Ribuan Masyarakat Palu Hadiri Pembukaan FPPN

Sejumlah dokar melintas di jalan yang menjadi arena Festival Pesona Palu Nomoni di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (24/9) malam. Dokar menjadi satu-satunya alat transportasi di Festival yang berlangsung selama tiga hari dan menampilkan aneka seni tradisi dan budaya khas etnis Kaili. Festival itu digela

Palu,  (Antara) Ribuan masyarakat Kota Palu, Sulawesi Tengah, memadati pesisir pantai Teluk Palu untuk menyaksikan pembukaan Festival Palu Pesona Nomoni (FPPN) dibuka Menteri Pariwisata Arif Yahya, Sabtu malam.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Palu, Akram Agus, menyatakan bahwa sekitar 10.000 masyarakat yang berasal dari delapan kecamatan di kota itu menyaksikan pembukaan kegiatan yang digelar setahun sekali.

"Masyarakat begitu antusias untuk mengikuti dan menyaksikan pembukaan festival ini, yang merupakan rangkaian peringatan HUT ke-38 Kota Palu," ungkap Akrab Agus, di Palu, Sabtu.

Kata Akram, hadirnya ribuan masyarakat kota itu di festival tersebut tidak hanya untuk menyaksikan penampilan budaya dan tarian-tarian tetapi juga wujud sikap nasionalisme warga yang turut serta berpartisipasi untuk memperingati hari jadi kota itu.

"Masyarakat tidak hanya sekedar ingin menyaksikan pernampilan dari berbagai penari, dan pemusik tetapi mereka turut serta menyukseskan peringatan HUT Kota Palu ke 38," ujarnya.

Dirinya menyebutkan sejak pukul 16.30 Wita, masyarakat telah memadati kawasan pesisir pantai Teluk Palu di Kelurahan Talise, sekaligus menyaksikan indahnya Teluk Palu waktu petang.

Dia mengatakan Pemkot Palu menutup akses lalulintas di sepanjang pesisir teluk tersebut, tidak hanya sebagai bentuk kemudahan, kelancaran dan kenyamanan penyelenggaraan festival tersebut tetapi juga memudahkan masyarakat yang mendatangi dan ingin menyaksikan kegiatan tersebut secara bebas tanpa ada gangguan transportasi.

"Pemkot Palu menutup akses lalulintas sepanjang pesisir Teluk Palu, bukan karena sengaja membatasi akses transportasi. Melainkan lebih memudahkan masyarakat untuk menyaksikan kegiatan pembukaan FPPN," sebutnya.

Lanjut Akram menyebut di sepanjang jalur transportasi pesisir Teluk Palu terdapat sembilan panggung pementasan dan panggung induk pembukaan FPPN. Bahkan disepanjang jalan yang akan dilewati oleh Menteri Pariwisata menuju panggung utama, terdapat ribuan beduk dengan para pemukulnya yang telah siap memukul beduk sebagai tanda penyambutan menteri dan pembukaan kegiatan tersebut.

Dia mengatakan selain masyarakat para pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemkot Palu dan provinsi Sulteng turut serta hadir di kegiatan tersebut.

"Para pejabat daerah seperti Gubernur Sulteng Longki Djanggola beserta forum koordinasi pimpinan daerah Sulteng dan Kota Palu juga hadir," katanya.

FPPN akan berlangsung hingga 27 September tepat pada peringatan HUT ke-38 Kota Palu.