17 Kegiatan Meriahkan Festival Danau Poso

id festival

Kegiatan-kegiatan ini mendukung pengembangan potensi kearifan lokal daerah sesuai dengan permintaan masyarakat Poso untuk di promosikan lewat Festival Danau Poso XIX
Palu,  (antara) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mendukung 17 item kegiatan yang akan dilaksanakan untuk memeriahkan Festival Danau Poso XIX di Kota Tentena, tepoan Danau Poso pada 2-5 November 2016.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulteng Hj. Siti Norma Mardjanu di Palu, Selasa, menyatakan 17 kegiatan yang akan ditampilkan itu merupakan kesepakatan antara pihaknya dengan Pemkab Poso selaku tuan rumah.

"Iya, kami telah membahas dan menyepakati secara bersama item-item kegiatan yang akan diselenggarakan di festival danau Poso XIX di Tentena," katanya.

Di antara 17 item kegiatan tersebut adalah festival kuliner dan makanan khas Poso, pemilihan putra/putri Danau Poso, pameran produk unggulan Kabupaten Poso, pergelaran tari dan musik tradisional dari 19 kecamatan.

Ada pula lomba permainan tradisional seperti mosangu, lomba lagu pop daerah Poso, vokal group, lomba moloko, lomba cerita dongeng, lomba mobolingoni, karambangan, lomba dayung rakit, lomba lari marathon, dan olahraga tradisional pacende.

FDP juga akan dimeriahkan dengan lomba volly ball, tarik tambang di atas perahu, dan kejuaraan sepak bola terbuka.

"Kegiatan-kegiatan ini mendukung pengembangan potensi kearifan lokal daerah sesuai dengan permintaan masyarakat Poso untuk di promosikan lewat Festival Danau Poso XIX," urai Norma Mardjanu.

Pemkab Poso, sebut dia, juga akan menghadirkan beberapa artis seperti Once, Puteri Pariwisata Indonesia Favorit I 2016, Iis Dahlia dan Mitha Talahatu untuk menghibur masyarakat.

Pemerintah, lanjut dia, telah berkomitmen untuk mendukung secara penuh dan maksimal suksesnya FDP di daerah eks konflik horizontal yang kini sudah tenteram dan damai itu.