Golkar Bupati Kembali Pimpin Golkar Di Daerahnya

id golkar

Golkar Bupati Kembali Pimpin Golkar Di Daerahnya

Zainal Abidin Ishak (twitter.com)

Palu,  (antarasulteng.com) - Partai Golkar di Sulawesi Tengah kembali merebut posisi strategis di level pemerintahan setelah melakukan konsolidasi organisasi dengan memilih dua bupati sebagai pucuk pimpinan Golkar di daerah.

"Dari lima kabupaten yang sudah musyawarah, dua di antaranya ketua terpilih juga menjabat bupati," kata Sekretaris DPD Golkar Sulawesi Tengah Zainal Abidin Ishak di Palu, Kamis.

Dua daerah tersebut yakni Kabupaten Poso dan Morowali Utara.

Poso yang sebelumnya diketuai oleh Abd Mutalib Rimi kini diketuai Darmin Sigilimpu dan Ketua DPD Golkar Morowali Utara untuk pertama kalinya diketua oleh Aptripel Tumimomor. Keduanya adalah bupati di daerahnya.

Menurut Zainal, dua kepala daerah yang terpilih menjadi Ketua DPD tersebut sebelumnya diusung oleh Partai Golkar bersama koalisinya pada pilkada serentak 2015.

"Darmin adalah kader Golkar hanya saja tidak masuk dalam pengurus sebelumnya. Begitu juga Aptripel, kader Golkar," katanya.

Sebagai partai yang pernah berkuasa, kepemimpinan Golkar di Sulawesi Tengah tidak pernah jauh dari kekuasaan. Beberapa ketua DPD Golkar hingga akhir 2014-2015 masih dijabat sejumlah bupati di antaranya Golkar Tojo Unauna dipimpin oleh bupati dua periode Damsyik Ladjalani.

Namun Damsik harus turun jabatan karena sudah dua periode menjabat bupati. Bupati setempat kini dijabat oleh kader Nasdem Muhammad Lahay.

Demikian halnya Bupati Banggai, juga dijabat oleh senior Golkar Sofyan Mille. Sofyan sebelumnya kader Golkar yang membangun karir politik hingga di DPR RI. Namun setelah pilkada serentak, Sofyan kalah dan jabatan bupati Banggai direbut Ketua DPC PDI Perjuangan Herwin Yatim.

Begitu juga Kabupaten Donggala, bupati dua periode sebelumnya adalah Ketua DPD Golkar Habir Ponulele. Namun karena sudah dua periode, jabatan bupati diraih oleh Kasman Lassa dari jalur indepen, namun belakangan bergabung di Partai Nasdem. Namun wakilnya, Vera Laruni, memilih bergabung di Golkar.

Tiga daerah lainnya yang juga sudah menggelar musyawarah DPD Golkar adalah Kabupaten Sigi, Banggai Laut dan Morowali.

DPD Golkar Sigi kembali dipimpin Rizal Intjenai yang saat ini menjabat Ketua DPRD setempat. Sementara Banggai Laut kembali dipimpin ketua sebelumnya Bahar Darlis Rappo dan Morowali diketuai Silahudin Karim, Wakil Ketua DPRD setempat. Sebelumnya DPD Golkar Morowali diketuai oleh Abudin Halilu.

Zainal mengatakan target 2016 seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Tengah sudah menggelar musyawarah daerah sehingga tidak ada lagi ketua DPD berstatus pelaksana tugas.

Terkait potensi masih adanya kepala daerah yang berpeluang memimpin Golkar pada musyawarah daerah nanti, Zainal tidak menampik hal itu. Namun dirinya tidak menyebut siapa yang berpeluang memimpin Golkar di delapan kabupaten/kota yang akan menggelar musyawarah daerah.

Dalam waktu dekat, kata dia, dua daerah sudah terjadwal yakni Tojo Unauna pada 24 Oktober dan Kabupaten Banggai pada 25-26 Oktober 2016.