Bupati Siap Sukseskan "Tour De Central Celebes"

id parigi

Bupati Siap Sukseskan "Tour De Central Celebes"

Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu (antara)

Insya Allah akan kita fasilitasi dan bekerja sama dengan semua pemerintah kabupaten dan kota se-Sulteng yang dilalui oleh tour de central celebes 2017
Parigi, Sulteng,  (antarasulteng.com) - Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu menyatakan siap mensukseskan event terbesar di Sulawesi Tengah yakni "tour de central celebes" tahun 2017.

"Dengan melihat kesiapan pelaksanaan Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT) 2016 yang digelar kemarin, itu merupakan bentuk kesiapan kami dan merupakan bagian dari event besar tersebut," katanya di Parigi, Minggu.

Namun kata dia, pemerintah kabupaten Parigi Moutong masih membutuhkan beberapa pembangunan infrastruktur, seperti pembangunan jalur transportasi pariwisata.

"Saya berharap dengan event besar tersebut, semua daerah dapat merasakan pembangunan pariwisata, khususnya Kabupaten Poso yang masih melekat dengan sebutan daerah tidak aman. Padahal di sana ada event besar juga yakni Festival Pesona Danau Poso," tutup Bupati.

Sebelumnya Gubernur Sulteng, Longki Djanggola dalam pembukaan hari puncak FPTT 2016 di eks lokasi Sail Tomini 2015, menyatakan keinginannya untuk merangkaikan semua kegiatan festival di Sulteng melalui satu kegiatan besar yang bernama "tour de central celebes 2017".

"Saya sudah laporkan dengan Menteri Pariwisata, dan bapak menteri sudah memberikan dukungan agar segera dikoordinasikan dengan pemeritah kabupaten sekitar," kata Gubernur.

Tour itu kata Gubernur, merupakan salah satu agenda untuk mempromosikan beberapa destinasi pariwisata andalah di Sulteng.

Pernyataan yang sama juga disampaikan gubernur dalam event Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) tahun 2016 di Kota Palu.

"Kita akan memperkenalkan kepada daerah luar bahwa kita punya daerah-daerah destinasi wisata di Sulteng," katanya.

Menurut Gubernur, rute tour akan melintasi sejumlah destinasi wisata andalan Sulteng. Kegiatan direncanakan akan dimulai dari Kabupaten Tojo Unauna dengan Festival Pesona Bahari Togean, kemudian masuk ke Kabupaten Poso dengan kegiatan Festival Danau Poso, selanjutnya menuju Kabupaten Parigi Moutong dengan Festival Teluk Tomini.

Setelah itu, katanya, menyeberang ke Kabupaten Sigi dengan Festival Danau Lindu dan destinasi olahraga paralayang internasional Matantimali dan berakhir di Kota Palu dengan Festival Pesona Palu Nomoni.

"Insya Allah akan kita fasilitasi dan bekerja sama dengan semua pemerintah kabupaten dan kota se-Sulteng yang dilalui oleh tour de central celebes 2017," ujarnya.