Pemkab Sigi Targetkan Populasi Sapi 30.000 Ekor

id sapi

Pemkab Sigi Targetkan Populasi Sapi 30.000 Ekor

sapi potong (antara)

Palu,  (antarasulteng.com) - Pemkab Sigi di Sulawesi Tengah menargetkan tingkat populasi ternak sapi di daerah itu pada 2016 akhir bisa mencapai 30.000 ekor.

"Saya sangat optimistis target populasi sebanyak itu bisa terpenuhi," kata Kepala Seksi Budidaya pada Kantor Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sigi Ihsan di Palu, Senin.

Ia mengatakan pada 2015, populasi ternak sapi di daerah tersebut mencapai sekitar 29 ribu ekor.

Melihat jumlah populasi tersebut, Ihsan yakin target yang diharapkan bisa terealisasi 100 persen. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa melampauinya.

Sigi, kata dia, merupakan salah satu dari tiga besar penghasil ternak sapi di Provinsi Sulawesi Tengah.

Kabupaten terbesar tingkat populasi ternak sapi di Sulteng adalah Banggai dan kedua Kabupaten Donggala serta ketiga Sigi.

Untuk menggenjot agar populasi ternak meningkat, antara lain dengan berbagai cara, seperti perkawinan alami dan menggunakan teknologi.

Selain itu, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi kepada petani untuk tidak menjual atau menyembelih ternak sapi betina.

"Ini salah satu cara untuk meningkatkan populasi ternak di Kabupaten Sigi yang selama ini menjadi pemasok ternak potong untuk kebutuhan daging konsumsi masyarakat di Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng," katanya.

Sigi, katanya sangat berpotensi bagi pengembangan ternak sapi karena memiliki lahan yang sangat luas tersebar di 15 kecamatan.

Juga memiliki lahan pakan ternak sapi yang cukup luas guna mendukung program pemerintah pusat dan daerah untuk memberikan kontribusi terhadap pencapaian swasembadah daging nasional.