Sigi Bangun Kawasan Pemurnian Sapi Donggala

id sapi

Sigi Bangun Kawasan Pemurnian Sapi Donggala

kandang sapi (FOTO ANTARA/Noveradika)

Sigi, Sulteng,  (antarasulteng.com) - Pemkab Sigi, Sulawesi Tengah, pada tahun anggaran 2017 merenanakan untuk membangun kawasan khusus pemurnian ternak sapi khas Donggala guna meningkatkan populasinya di daerah itu.

"Hanya saja lokasinya belum ditetapkan, mencari lokasi terbaik untuk kawasan permunian ternak sapi khas Donggala tersebut dipusatkan,"kata Kepala Seksi Budidaya Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sigi, Ihsan di Sigi, Senin.

Berdasarkan program dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulteng, Sigi termasuk salah satu daerah yang diharapkan bisa mengembangkan ternak sapi khas Donggala secara berkesinambungan guna mendukung program nasional swasembada daging.

Sapi Donggala sudah lama terkenal dan selama ini hanya dikembangkan di tiga daerah yaitu Lembah Palu, Donggala dan Sigi.

Karena itu, Pemkab Sigi mulai tahun depan akan membangun kawasan peternakan sapi khas Donggala di daerah tersebut.

Data Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulteng mencatat bahwa sejak lama daerah ini telah mengantarpulaukan ternak sapi Donggala ke Kalimantan dan beberapa provinsi di Sulawesi.

Tetapi, beberapa tahun terakhir, ternak sapi yang diantarpulaukan ke Kaltim setiap bulannya bukan hanya sapi Donggala, namun sudah campuran dengan sapi bali.

"Tapi dahulu hanya ternak sapi Donggala yang diantarpulaukan ke daerah itu," katanya.

Jika program pemurnian sapi Donggala itu terealisasi, populasi ternak sapi di Sigi akan meningkat dan menjadi salah satu daerah sentra produksi ternak sapi di Sulteng guna mendukung ketahanan stok daging nasional.

Saat ini, katanya, populasi ternak sapi di Sigi baru sekitar 29.000 ekor dan 2016 ini ditargetkan meningkat menjadi 30.000 ekor.