Sigi Targetkan Populasi Sapi 100.000 Ekor

id sapi

Sigi Targetkan Populasi Sapi 100.000 Ekor

Sapi (FOTO ANTARA/Noveradika)

...target kami selama lima tahun ke depan dan optimistis bisa terapai
Sigi, Sulteng,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menargetkan populsi ternak sapi hingga 2021 bisa mencapai 100.000 ekor.

"Itu target kami selama lima tahun ke depan dan optimistis bisa terapai," kata Bupati Sigi Irwan Lapata yang dihubungi di Sigi, Rabu.

Bupati mengatakan untuk merealisasikan target tersebut, Pemkab Sigi melalui Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan telah memprogramkan pembibitan sapi Bali dan pranakan (PO) di sejumlah desa di Kecamatan Kulawi.

Juga melalui IB (Inseminasi Buatan) dan sistem perkawinan alami.

Program ini akan digenjot dalam waktu lima tahun ke depan sampai pada 2021 target 100.000 ekor ternak sapi di Kabupaten Sigi bisa terpenuhi 100 persen, bahkan melebihi dari target yang diharapkan tersebut.

Menurut dia, program ini akan membuahkan hasil yang mengembirakan, jika semua pihak yang terkait bersama-sama menjalankan tugas dan tanggungjawab masing-masing dengan baik.

Jika semua program yang telah direncanakan dan ditetapkan itu dapat dilaksanakan dengan baik, niscaya Sigi ke depan akan menjadi sentra produksi ternak sapi di Provinsi Sulteng yang memberikan kontribusi besar terhadap pencapaian program swasembada daging nasional.

Selain itu, tentu pemerintah berharap dengan tingkat populasi ternak sapi yang diharapkan setiap tahunnya meningkat sesuai target, perekonomian dan kesejahteraan petani di Kabupaten Sigi juga semakin meningkat.

Karena itu, Bupati Irwan minta kepada dinas terkait untuk melaksanakan program pembibitan dan IB yang sudah ditetapkan dengan baik.

"Ingat target kita 2021 populasi ternak sapi di Sigi bisa mencapai 100.000 ekor," katanya.