Utusan Parigi Moutong Terpilih Putri Pariwisata Maritim Nasional

id Parimo

Utusan Parigi Moutong Terpilih Putri Pariwisata Maritim Nasional

Devi Sri Hardianti (kanan) saat menerima dana pembinaan. (Antarasulteng.com/Humas Parimo)

Noorwachida Tombolotutu: prestasi ini sangat membanggakan dan mengharumkan nama daerah
Parigi (antarasulteng.com) - Devi Sri Hardianti yang diutus Kabupaten Parigi Moutong mewakili Provinsi Sulawesi Tengah di ajang pemilihan Putra Putri Maritim Indonesia (P3MI) di Jakarta, dinobatkan sebagai putri pariwisata maritim nasional tahun 2016. 

Atas prestasi itu Devi memboyong tropy dan uang pembinaan senilai Rp10 juta dari Yayasan Dharma Ayu Bahari (YDAB). 

Grand Final Pemilihan Putra Putri Maritim Indonesia (P3MI) dilaksanakan di Geladak KRI Surabaya-591 yang sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (30/11) malam. Khusus untuk Putra Pariwisata Maritim Indonesia diraih Fedri Ramadhani dari Provinsi Sumatra Barat.

Putri Maritim Indonesia diraih oleh Zalika Fajrin dari Provinsi Sumatra Selatan. Sedangkan Putra Maritim Indonesia diraih Zihni Ihkamuddin dari Provinsi Jawa Tengah. 

Ajang Pemilihan Putra Putri Maritim Indonesia (P3MI) 2016 yang diselenggarakan oleh Yayasan Dharma Ayu Bahari (YDAB) bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata, Kementerian Lingkungan Hidup, TNI AL, Yayasan Hang Tuah dan Assosiasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI). 

Dilansir dari laman Maritim News.com, Pembina P3MI Laksamana (Purn) Tedjo Edhi Purdijatno SH mengatakan, Indonesia sebagai negara maritim wajib memberikan kesadaran kepada para generasi muda agar memahami bagaimana membangun, menjaga serta mengelola bangsa dan negara Indonesia dengan visi maritimnya.

"Ya kegiatan ini sesuai dengan program kerja pemerintah Indonesia untuk menanamkan budaya maritim yang merupakan salah satu aspek pembangunan maritim," ujar mantan KSAL tahun 2008 itu. 

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Parigi Moutong Hj. Noorwachida Prihatini S Tombolotutu yang ikut mendampingi Devi di ajang itu mengaku bersyukur bahwa wakil Sulawesi Tengah bisa meraih predikat 10 besar diajang itu dengan menyandang gelar putri pariwisata maritim nasional 2016. 

"Prestasi yang diraih Devi Sri Hardianti ini sangat membanggakan dan tentu mengharumkan nama Provinsi Sulawesi Tengah, lebih khusus lagi Kabupaten Parigi Moutong di tingkat nasional," ujarnya saat dihubungi usai kegiatan itu.

Noorwachida mengaku akan menjadikan tolak ukur keberhasilan Devi kali ini untuk melakukan persiapan yang lebih baik lagi ke depan. Persiapan yang dimaksud adalah memberikan dia pembinaan, pelatihan dan wawasan intelegensia para duta maritim Kabupaten Parigi Moutong. 

"Keberhasilan yang sudah dicapai Devi itu akan dijadikan contoh edukasi bagi para putra putri berbakat di Kabupaten Parigi Moutong," tandasnya (Humas Pemkab)