Pewarta Foto Indonesia Palu akan gelar Musda

id Foto

Pewarta Foto Indonesia Palu akan gelar Musda

Bazri Marzuki, Ketua PFI Kota Palu (Antarasulteng.com/Instimewa)

PFI upayakan uji kompetensi bagi pewarta foto Kota Palu pada 2017 ini.
Palu (antarasulteng.com) - Organisasi profesi para wartawan foto yaitu Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Palu akan menggelar musyawarah daerah (Musda) III pada Sabtu, 21 Januari 2017.

Ketua Panitia Musda Taufan Sp Bustan mengemukakan musda kali ini dianggap luar biasa karena periode kepengurusan PFI Palu saat ini telah berakhir pada 2015.

Agenda pernting dalam kegiatan itu yakni laporan pertanggungjawaban pengurus lama yang dijabat Basri Marzuki serta pemilihan pengurus baru.

Menurut Taufan, jurnalis Media Indonesia tersebut, jumlah pewarta foto anggota PFI Palu sekitar 20 orang yang tersebar di sejumlah media cetak dan online, baik itu di media lokal maupun nasional serta internasional.

Disinggung soal figur ketua yang akan melanjutkan kepemimpinan Basri Marzuki untuk periode 2017-2020, Taufan mengatakan, ada beberapa nama yang menguat namun ia enggan menyebutkan.

Sementara itu Ketua PFI Palu Basri Marzuki mengatakan, tantangan PFI ke depan akan makin kompleks. Tak hanya bagaimana meningkatkan kapasitas dan profesionalisme, tetapi juga pada bagaimana memosisikan diri di tengah serbuan media-media tak berbadan hukum dan juga media sosial.

"Seperti pada wartawan tulis yang diharuskan adanya sertifikasi, tahun ini juga akan ada sertifikasi bagi wartawan foto sebagai pengakuan bahwa yang bersangkutan memang layak menjadi wartawan foto," kata pewarta foto Kantor Berita Antara itu.