Sigi Berupaya Tingkatkan Produksi Pangan

id sigi

  Sigi Berupaya Tingkatkan Produksi Pangan

Bupati Sigi Moh. Irwan Lapatta (antarasulteng.com/Rolex Malaha)

Sigi, Sulteng, (antarasulteng.com) - Pemkab Sigi pada 2017 ini terus berupaya meningkatkan produksi komoditi pangan di daerah itu.

Bupati Sigi, Iwan Lapata, Jumat, mengatakan dalam setiap kali pertemuan selalu mendorong petani di daerahnya untuk memanfaatkan seluruh potensi lahan bagi pengembangan komoditi pangan (padi, jagung dan kedelai).

"Saya berharap semua lahan pertanian diolah dengan baik," kata dia.

Pemerintah pusat dan daerah sangat menaruh perhatian besar terhadap tiga komoditi pangan tersebut.

Sulteng, kata Bupati Iwan selama ini baru mencapai swasembada pada pengan beras.

Sementara jagung dan kedelai belum, tetapi akan diupayakan dalam kurun beberapa tahun ke depan ini, Sulteng sudah bisa swasembada jagung dan kedelai.

Pemkab Sigi, kata dia, sangat mendukung program dimaksud dan berupaya menjadikan Sigi sebagai salah satu daerah di provinsi ini yang bisa mewujudkan pencapaian program swasembada.

Karena itu, Pemkab Sigi terus mendorong kepada para petani untuk mengembangkan dan meningkatkan produksi dan produktivitas ketiga komoditi pangan berupa padi, jagung dan kedelai.

Peningkatkan produksi maupun produktivitas tentu tidak semuda membalikan telapak tangan, tetapi melalui kerja keras antara lain dengan menanam bibit yang unggul, menggunakan pupuk berimbang dan juga obat-obatan sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, juga harus didukung dengan ketersediaan air yang memadai. Makanya Pemkab Sigi terus berupaya memperbaiki jaringan irigasi yang ada.

Juga membangun jaringan irigasi baru di wilayah-wilayah pencetakan sawah baru guna memenuhi kebutuhan persawahan di wilayah tersebut.

Pemerintah juga terus membangun dan meningkatkan jalan-jalan menuju kantong-kantong produksi agar petani tidak lagi kesulitan untuk mengangkut dan memasarkan hasil-hasil bumi yang ada.

Data Dinas Pertanian menyebutkan luas panen padi sawah di Kabupaten Sigi sekitar 30.000an hektare tersebar di 15 kecamatan dengan produksi 1.425,645 kwintal.

Sigi, satu-satunya daerah di Sulteng yang tidak memiliki laut. Karena itu, sektor pertanian mendapat perhatian dan prioritas utama Pemkab Sigi.

Sektor lainnya adalah perkebunan, peternakan, perikanan danau/air tawar dan pariwisata. (BK03/)